Sinusitis

Sinusitis merupakan sebuah penyakit yang cukup berbahaya bagi kesehatan kita. Penyakit sinusitis yaitu peradangan pada rongga udara dalam bagian-bagian dari hidung. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi mikroorganisme pathogen. Bakteri dan jamur yang berkembangbiak didalam sinus menyebabkan penyumbatan intemiten dari ostium sinus. Penyakit ini tidak menular, namun anda perlu berhati-hati agar terhindar dari peyakit tersebut. Ada beberapa gejala yang mengarah pada timbulnya penyakit ini yaitu demam tinggi, sakit kepala berkepanjangan, nyeri wajah, rasa hidung tersumbat, sakit tenggorokan, dan batuk. Anda perlu memperhatikan kesehatan anda bila anda merasakan gejala tersebut. Sebaiknya anda segera periksakan penyakit anda pada dokter ahli sebelum anda terkena penyakit sinusitis.

Orang biasanya cenderung kurang memperhatikan kesehatan tubuh. Beberapa gejala penyakit mungkin diabaikan sehingga menimbulkan efek yang kurang baik untuk kondisi tubuh. Pada dasarnya penyakit dapat timbul dimana saja dan kapan saja namun alangkah baiknya jika kita mencegahnya sebelum tibul dalam tubuh kita. Bila anda merasakan nyeri wajah dan bernanah kemungkinan anda terkena penyakit sinusitis. Jangan tunggu waktu lama untuk memeriksakan kesehatan anda ke dokter agar penyakit tersebut dapat segera diobati. Bila anda positif terkena penyakit tersebut biasanya anda akan diobati dengan terapi antibiotik. Hal ini bertujuan agar mencegah timbulnya infeksi sekunder bakteri sinus.

Sinusitis Dalam Pandangan Medis

Dalam tubuh manusia terdapat empat sinus yaitu sinus frontalis (di dahi), sinus maksilaris (di belakang pipi), sinus ethimoid (antara mata) dan sinus sphenoid (di dalam ethimoid). Sinusitis dapat menyerang pada empat bagian tersebut. Wajah anda akan terlihat penuh nanah dan mengerikan. Anda tentu tidak ingin mengalami rasa sakit akibat penyakit ini. Untuk itu cobalah periksakan secara rutin kesehatan anda. Kesehatan merupakan faktor penting yang akan mendukung pekerjaan anda. Bila anda jatuh sakit tentu segala aktifitas akan terbengkelai. Seseorang yang menderita penyakit ini biasanya akan lebih menutup diri dan lebih sensitif. Wajah akan terlihat kurang bersinar dan pucat karena terdapat banyak nanah. Jagalah kesehatan tubuh anda terutama bagian sinus anda agar anda tidak terkena penyakit sinusitis.

Pencegahan Sinusitis

Ambilah langkah berikut untuk mengurangi risiko mengalami sinusitis:

Kurangi kontak dengan orang yang mengalami pilek. Cuci tangan anda secara rutin dengan sabun dan air, khususnya sebelum makan.

Hati-hati merawat alergi anda. Bekerjasamalah dengan dokter anda untuk menjaga gejala tetap terkendali.

Hindari asap rokok dan polusi udara. Asap tembakau ...

Pengobatan Sinusitis

Umumnya penyakit sinusitis dan pengobatannya memakan waktu yang agak lama. Dibutuhkan ketelatenan dan kedisiplinan untuk mengobati penyakit ini, sebab pengobatan untuk sinusitis harus dilakukan secara continue. Biasanya jika pengobatan dihentikan, maka sinus akan kambuh lagi.
Berikut ini merupakan beberapa cara yang dapat dilakukan dirumah untuk mengobati ...

Penyebab Sinusitis

Penyebab Sinusitis
Ketika anda terkena sinusitis, membran selaput lendir pada hidung dan tenggorokan (sistem pernapasan atas) menjadi membengkak. Pembengkakan ini menghalangi pembukaan jalan napas dan mencegah selaput lendir bekerja secara normal, menyebabkan sakit pada wajah dan gejala sinusitis lainnya.

Terhalangnya jalan napas menyebabkan lingkungan basah pada jalan ...

Tips Menanggulangi Gejala Sinusitis

Penyakit sinusitis dapat dikenali dari gejalanya yaitu gejala sinusitis. Gejala ini akan dapat diatasi jika sebelumnya ada antisipasi yaitu dengan perlu tahu gejala sinusitis. Penyakit ini memang tidak berbahaya tetapi jika terus tidak ada penanggulangan maka akan dapat akibat yang fatal. Gejala penyakit sinusitis dapat ...

Pengetahuan Dasar Tentang Penyakit Sinusitis

Ada beberapa penyakit yang mungkin kita alami tetapi sebenarnya kita tidak mengetahuinya, salah satunya yaitu sinusitis. Penyakit ini memang namanya tidak begitu akrab ditelinga sebab sinusitis dapat kita kenali jika sudah bertemu dengan pihak medis. Setiap orang dapat mengalami penyakit sinusitis, sebab tidak ada ...