Asma

penyakit asma Asma kurang lebih merupakan kondisi kronis pada paru-paru yang terjadi akibat dua hal yaitu penyempitan paru-paru (pengetatan otot-otot sekitar saluran udara) dan peradangan, pembengkakan atau iritasi pada saluran udara. Penyakit asma berdasarkan pengertian asma yang disebutkan tadi yang disebabkan penyempitan dan peradangan penyebab penyempitan saluran udara dapat mengakibatkan gejala penyakit asma seperti bersin, batuk, sesak dada, atau sesak napas. Berkembangnya penelitian menunjukkan semakin banyak bukti bahwa jika penyakit asma tidak ditangani dapat menyebabkan diagnosis jangka panjang dari fungsi paru-paru.

Bila seseorang menderita asma dan terpapar oleh faktor pemicu, saluran udara yang mengarah ke paru-paru menjadi lebih meradang atau bengkak dari biasanya, sehingga sulit bagi penderita penyakit asma untuk bernapas. Saluran udara juga semakin kecil karena pengetatan otot-otot sekitar saluran udara, dan seiring waktu berjalan akan terjadi penyumbatan karena penumpukan lendir.

Pemicu gejala penyakit asma

Beberapa hal dapat memicu menyebabkan gejala asma, diantaranya termasuk alergi, infeksi, dan bau yang kuat atau asap mungkin datang ketika kontak langsung pada lingkungan. Setelah penderita terpapar oleh faktor pemicu dan bereaksi, saluran udara juga menjadi lebih sensitif terhadap pemicu lain. Jadi penting untuk mengelola penyakit asma (lebih baik jika setiap hari).

Sekitar lima juta anak-anak menderita asma pada setiap Negara, terutama Negara-negara industri. kejadian ini telah meningkat lebih dari 50% dalam lima belas tahun terakhir. Ada lebih dari lima ratus ribu rawat inap setiap tahunnya. Meskipun prevalensi penyakit asma cukup tinggi, namun penyakit ini dapat dikontrol. Dengan pemahaman proses penyakit dan dari berbagai pengobatan asma yang tersedia, pasien harus mampu memenuhi pendidikan (edukasi) dan penilaian kondisi sebagai kunci untuk mencapai pengelolaan asma.

Kategori penyakit asma

Asma sering dimasukkan ke dalam kategori atau kelompok berdasarkan pada "pemicu" yang menyebabkan gejala asma. Kategori-kategori atau jenis asma antara lainasma yang disebabkan oleh alergi, asma musiman, asma non-alergi, asma noktural, dll.

Hal-hal yang dapat menyebabkan gejala asma memburuk pada malam hari mungkin termasuk infeksi sinus atau postnasal drip disebabkan oleh alergi seperti debu atau bulu hewan peliharaan. Tubuh juga mungkin memainkan beberapa peran seperti tingkat adrenalin dan steroid, yang keduanya melindungi diri terhadap serangan asma.

Gejala Asma Yang Perlu Diwaspadai

Gejala asma pada penderita muncul ketika saluran udara pada sistem pernapasan menjadi ketat, terangsang, atau terisi dengan lendir. Gejala asma umum antara lain batuk (terutama pada malam hari), mengi, sesak napas, sesak pada dada, atau terasa tertekan.

Tidak setiap orang dengan asma mempunyai gejala yang ...

Penyebab Asma Dan Faktor Pemicunya

Penyebab asma seperti yang telah dijelaskan pada artikel sebelumnya secara tepat tidak diketahui. Para peneliti masih mengembangkan riset, ada kemungkinan beberapa faktor genetik dan lingkungan berinteraksi untuk menyebabkan asma, paling sering pada awal kehidupan. Faktor-faktor penyebab asma termasuk:

Memiliki kecenderungan alergi
Orang tua menderita asma
Beberapa infeksi ...

Pengobatan Asma Saat Ini Hanya Mengobati Gejalanya Saja

pengobatan asma dilakukan pada gejala asma dan berlangsung selama waktu yang sangat lama. Seperti yang dijelaskan pada artikel kami sebelumnya, penyakit asma adalah penyakit kronis dimana sampai saat ini belum ditemukan pengobatan yang langsung mengobati penyakitnya. Beberapa orang harus menjalani perawatan rawat inap selama ...

Asma Bronkial – Asthma Bronchiale

Asma bronkial (dalam bahasa inggris asthma bronchiale) adalah nama untuk suatu kondisi dimana paru-paru (rongga bronkhial) menjadi meradang dan menjelaskan sebuah keadaan kronis pada saluran pernafasan. Beberapa gejala umum asma bronkial termasuk sesak nafas, mengi (suara berderak-derak ketika menghembuskan napas), batuk kering dan perasaan ...