Ginjal

by yusri on May 5, 2011

ginjal Ginjal, siapa yang menyangka organ tubuh yang bernama “ginjal” dengan ukuran sekitar 11x7x2 cm memiliki peran yang sangat besar dalam tubuh. Untuk organ yang begitu kecil, ginjal bekerja keras setiap harinya apalagi sejumlah peran vital dalam fungsi sehari-hari tubuh kita, hal itu dikarenakan fungsi ginjal yang penting bagi tubuh kita.

Fungsi ginjal

Fungsi ginjal bagi kita adalah:

  1. Ginjal bertindak sebagai filter bagi tubuh Anda untuk membersihkan darah limbah, namun tetap unsur penting yang dibutuhkan oleh tubuh (hal ini akan dikembalikan disebut sebagai proses reabsorbsi)
  2. Kontrol tekanan darah
  3. Ginjal membantu menjaga keseimbangan asam basa
  4. Membuat sel-sel darah merah dan membantu mempertahankan komposisi darah dan tingkat pH
  5. Mempertahankan tulang yang kuat dan sehat

Mengapa ginjal begitu penting? Ginjal adalah “mitra diam” untuk kesehatan yang baik! Kita bisa hidup cukup baik dengan hanya satu ginjal, beberapa orang hidup sehat meskipun lahir dengan satu ginjal. ginjal kita yang luar biasa, memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan umum dan kesejahteraan tetapi biasanya tidak dianggap sebagai penting untuk hidup sehat. Penyakit ginjal merupakan salah satu hal yang akan banyak dijumpai jika kita meremehkan fungsi organ kecil yang satu ini.

Kita dapat menganalogikan ginjal sebagai alat yang canggih ramah lingkungan, sistem pembuangan limbah, teknologi daur ulang yang bekerja 24 jam sehari, 7 hari seminggu, sementara akan terus menerus membersihkan darah. Setiap jam suplai darah beredar melalui ginjal sekitar 12 kali. Setiap hari ginjal membersihkan sekitar 200 liter darah, dengan sekitar 1 sampai 2 liter limbah meninggalkan tubuh sebagai urin. Sebagian limbah ini dihasilkan oleh tubuh karena nutrisi makanan yang tidak diperlukan. Sekarang coba bandingkan dengan alat cuci darah buatan manusia yang hanya bekerja 1x pemakaian dan hanya membersihkan beberapa liter darah saja.

Sekila tentang penyakit ginjal

Ada beberapa penyakit ginjal yang disebabkan oleh banyak faktor seperti berkembangnya batu pada saluran kemih, berkembangnya batu pada ginjal ( batu ginjal ). Penyakit pada ginjal sangat benyak dijumpai pada usia yang semakin bertambah, kenapa? Karena pada dasarnya penyakit ginjal muncul akibat kerjanya yang sangat banyak, hal ini juga dipengaruhi oleh intake makanan yang kita makan setiap harinya. Namun, tidak menutup kemungkinan juga anak-anak menderita penyakit ginjal, buktinya penyakit pada ginjal bagi anak-anak cukup banyak ditemukan di rumah sakit.

Related Posts

  1. Fungsi Ginjal – Organ Ekskresi
  2. Gagal Ginjal – Renal Failure
  3. Gagal Ginjal Akut
  4. Gejala Penyakit Ginjal
  5. Gagal Ginjal Kronik
  6. Batu Ginjal – Pengertian dan Gejalanya

Cara Cepat Hamil

{ 5 comments… read them below or add one }

Leave a Comment