Trigliserida – Memilih Diet Untuk Menurunkan Trigliserida

by alisha on April 26, 2011

trigliserida Trigliserida adalah salah satu partikel yang mengangkut lemak di sekitar tubuh. Lemak sebenarnya terbagi atas Low Density Lipoprotein (LDL), High Density Lipoprotein, dan trigliserida itu sendiri. Trigliserida akan sangat berpengaruh pada perkembangan penyakit jantung yang hingga kini penelitian mengungkapkan bahwa cara kerja trigliserida belum jelas sebagai faktor resiko.

Dibandingkan ketiga macam kolesterol tersebut, partikel trigliserida berbeda dibandingkan dengan dua partikel lainnya. Trigliserida adalah salah satu partikel yang mengangkut lemak di sekitar tubuh. Hanya sekitar 20 persen dari partikel trigliserida terdiri dari kolesterol. Dan kontribusi relatif dari trigliserida terhadap perkembangan penyakit jantung masih kurang jelas, dibandingkan dengan peran LDL dan HDL yang lebih pasti. Kadar trigliserida normal yang diproduksi tubuh seharusnya di bawah 150 mg / dL.

Diet Untuk Menurunkan Trigliserida

Bagaimana menurunkan trigliserida? “resep” lama yang akrab kita lakukan adalah diet, olahraga, dan menurunkan berat badan. Bebeda dengan diet yang lain, untuk program diet pada penurunan trigliserida jenis diet yang dipilih bukanlah diet rendah lemak. Hal ini mungkin tampak berlawanan dari apa yang kita pikirkan. Ya, partikel utama trigliserida adalah lemak, tetapi trigliserida justru lebih banyak berasal dari sumber makanan karbohidrat daripada lemak. Kecuali dalam situasi di mana tingkat trigliserida sangat tinggi (biasanya ditentukan secara genetik), trigliserida efisien dalam menyimpan energi partikel. Karbohidrat yang berlebih dalam tubuh akan berubah menjadi trigliserida membuat penyimpanan lemak di tubuh semakin besar. Jadi ketika kita memiliki kelebihan karbohidrat atau tingkat insulin yang lebih tinggi, trigliserida cenderung naik. Inilah alasan mengapa pola makan rendah lemak (yang hampir selalu tinggi karbohidrat) akan menjadi kontraproduktif dalam kasus ini.

Mungkin anda bertanya, “jadi jenis diet apa yang cocok untuk menurunkan trigliserida?”

Jawabannya adalah rendah lemak jenuh-tinggi serat, diet kalori terkontrol. Hanya saja perlu diingat bahwa rendah lemak jenuh bukan berarti rendah lemak. Diet yang mencakup rendah lemak jenuh mendorong konsumsi minyak kelapa, minyak zaitun, ikan, atau minyak yang berasal dari kacang-kacangan dan biji-bijian. diet rendah-karbohidrat benar-benar bekerja baik pada pasien dengan trigliserida tinggi, tetapi untuk kesehatan yang optimal, seseorang harus membatasi konsumsi lemak jenuh. Asupan tinggi lemak jenuh merupakan efek samping yang sering diabaikan dari diet rendah karbohidrat banyak.

Related Posts

  1. Makanan Diet Untuk Menurunkan Berat Badan
  2. Mari Mengenal Menu Sehat Makanan untuk Diet
  3. Memilih Daging Kambing Yang Baik Untuk Kesehatan
  4. 11 Tips Diet Menurunkan Berat Badan
  5. Diet Sehat Untuk Diabetes
  6. 4 Tips Menurunkan Berat Badan Dengan Diet Sehat

Cara Cepat Hamil

{ 4 comments… read them below or add one }

Leave a Comment