kolesterolhdlldl.jpg

Kolesterol – Fakta Unik Tentang Kolesterol

Kolesterol, seberapa dalam pengetahuan anda tentang kolesterol? Ternyata salah satu jenis lemak yang yang ada dalam tubuh kita tersebut memiliki hal-hal unik yang mungkin anda tidak tahu!

Fakta tentang kolesterol

Berikut ini kami tuliskan hal hal unik tentang kolesterol:

  1. Tahukah anda bahwa tubuh kita membuat beberapa kolesterol sendiri, selain dari apa yang kita makan
  2. Kolesterol hanya berasal dari makanan yang bersumber dari produk hewani. Makanan dari tumbuhan (nabati) tidak mengandung kolesterol, kecuali beberapa asam lemak tak jenuh.
  3. Pernakah terbesit dalam pikiran anda bagaimana perjalanan kolesterol dalam darah? Kolesterol tidak dapat melakukan perjalanan dalam darah sendiri. Ini dibawa oleh protein khusus. Kombinasi pembawa kolesterol dan protein disebut “lipoprotein.”
  4. Kolesterol tidak selamanya buruk bagi tubuh, justru ada kolesterol yang baik untuk tubuh! Ya, beberapa orang bertanggapan bahwa kolesterol harus dihindari dan sebagainya,kenyataannya ada kolesterol yang berguna bagi tubuh. Jenis kolesterol tersebut kita kenal sebagai :
    • Low density lipoproteins (LDL, atau kolesterol “buruk”)
    • High density lipoprotein (HDL, atau kolesterol “baik”)
    • trigliserida

    Berikut penjelasan sederhananya : LDL (kolesterol buruk) karena beberapa karakteristik yang dimilikinya dari hati kemudian mengirimkannya ke sel padahal mereka tidak dibutuhkan untuk kesana. Sedangkan HDL membuang kelebihan kolesterol dari darah dan membawanya ke hati. kadar kolesterol total seseorang adalah kombinasi dari LDL dan kolesterol HDL (HDL + LDL).

  5. Tubuh kita memproduksi lebih dari cukup kolesterol sendiri untuk tetap sehat. Tapi pada kenyataannya, kebanyakan orang makan terlalu banyak kolesterol dan lemak, yang dapat meningkatkan kadar kolesterol darah.
  6. Tingginya kadar kolesterol dapat menyebabkan penyakit jantung. Kolesterol bersama hipertensi adalah 2 faktor resiko penyebab primer.
  7. Bagaimana LDL bisa menyebabkan penyakit stroke? Kelebihan kolesterol LDL dalam darah akan disimpan dalam arteri, pembuluh darah yang memberi “makan” jantung dan otak. Deposito tersebut dapat bergabung dengan zat lain untuk membentuk plak. Bayangkan plak adalah sesuatu yang tebal dan keras di pembuluh darah. plak di arteri dalam ilmu kedokteran disebut aterosklerosis. Atelosklerosis dapat mempersempit lorong di dalam arteri (bayangkan saja selang yang tersumbat) hal ini akan membendung aliran darah, plak tersebut lama kelamaan pecah dan jika plak tersebut pergi ke otak akan menyebabkan stroke.
  8. Wanita memproduksi kolesterol baik lebih tinggi daripada pria.

Anda sudah tahu tentang fakta faktnya , Jika anda ingin tahu tentang penyebab kolesterol dan gejala gejala kolesterol tinggi anda dapat temukan di website ini pada artikel “penyebab kolesterol tinggi” dan “gejala kolesterol tinggi”.

358 thoughts on “Kolesterol – Fakta Unik Tentang Kolesterol”

  1. I loved as much as you will receive carried out right here. The sketch is tasteful, your authored material stylish. nonetheless, you command get bought an nervousness over that you wish be delivering the following. unwell unquestionably come further formerly again as exactly the same nearly a lot often inside case you shield this hike.|

  2. I was wondering if you ever considered changing the page layout of your blog?
    Its very well written; I love what youve
    got to say. But maybe you could a little more in the way of
    content so people could connect with it better. Youve got an awful lot of
    text for only having 1 or two images. Maybe you could space it out better?

  3. What’s Going down i am new to this, I stumbled upon this I’ve found It positively useful and it has aided me out loads.
    I am hoping to give a contribution & help other customers like its helped me.
    Great job.

  4. Thank you for any other fantastic article. Where else could anyone
    get that kind of info in such a perfect method of writing?

    I’ve a presentation subsequent week, and I’m at the search for such
    info.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *