What-causes-diabetes

Penyebab Diabetes Mellitus

Penyebab diabetes mellitus (atau bisa kita kenal dengan kencing manis) itu sangat rumit, karena permaslahannya yang kompleks dan memerlukan pengetahuan mendalam tentang organ tubuh terutama mengenai pankreas dan ginjal. Namun, anda tidak perlu khawatir karena kami akan menjelaskannya secara sederhana.

Diabetes Mellitus terjadi ketika tubuh tidak memproduksi insulin cukup bahkan memang tidak memproduksi insulin sama sekali untuk mempertahankan kadar gula darah normal atau jika sel tidak merespon dengan tepat insulin yang diproduksi. Ada dua jenis tipe berdasarkan penyebab diabetes mellitus.

Penyebab diabetes mellitus berdasarkan tipe diabetes

Diabetes Mellitus Tipe 1 : penyebab diabetes mellitus tipe ini adalah produksi insulin sedikit atau tidak ada sama sekali. Prevalensi dalam ilmu epidemiologi menyebutkan bahwa hasil penelitian menunjukkan hanya sekitar 10-20 persen dari seluruh penderita diabetes yang tergolong tipe 1. Kebanyakan orang yang memiliki tipe biasanya berumur muda (bahkan beberapa adalah penyakit yang diturunkan orang tuanya sejak lahir) kemudian bertambah parah seiring berjalannya waktu.

Para ilmuwan percaya bahwa faktor lingkungan (mungkin infeksi virus atau faktor gizi pada masa kanak-kanak atau remaja) menyebabkan sistem kekebalan menghancurkan sel penghasil insulin di pankreas. Beberapa kecenderungan genetik juga bisa terjadi. Apa pun penyebabnya, pada diabetes mellitus tipe 1 90 persen dari sel-sel penghasil insulin (sel beta) dari pankreas rusak secara permanen. Kondisi seperti ini menyebabkan kekurangan insulin yang parah, dan untuk bertahan hidup, orang dengan tipe I diabetes harus secara teratur menyuntikkan insulin.

Diabetes mellitus tipe 2 : adalah kondisi dimana pankreas terus memproduksi insulin, kadang-kadang bahkan pada lebih tinggi dari tingkat normal. Namun, tubuh mengembangkan resistansi terhadap efeknya, sehingga pada tipe ini penyebab diabetes mellitus bukan disebabkan kekurangan insulin. Sel-sel dalam tubuh yang seharusnya berfungsi mengubah glukosa menjadi energi, tidak mengenali fungsinya. Diabetes tipe II bisa terjadi pada anak-anak dan remaja tetapi biasanya dimulai setelah usia 30 dan menjadi semakin parah bila terus berlanjut tanpa pengobatan. Umur penderita rata-rata sekitar 15 persen di atas usia 70.. Obesitas adalah faktor risiko untuk diabetes tipe II, 80 sampai 90 persen orang dengan penyakit ini mengalami obesitas.

Published by

yusri

Seorang calon dokter yang hobby dengan kemeriahan dunia internet. Dunia kesehatan adalah dunia yang tidak asing baginya.

354 thoughts on “Penyebab Diabetes Mellitus”

  1. Excellent post. I was checking constantly this blog and I am impressed!
    Very useful info particularly the last part 🙂 I care for such
    information much. I was seeking this certain information for a very long time.
    Thank you and good luck.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *