Pengobatan Diabetes Mellitus

by yusri on April 25, 2011

pengobatan diabetes mellitus pengobatan diabetes mellitus bertujuan untuk menjaga kadar glukosa darah normal atau paling tidak mendekati normal, silahkan baca artikel sebelumnya berjudul “mengenal penyakit diabetes mellitus” untuk mengetahui alasannya. Hal ini sangat penting dilakukan karena penderita sangat dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan penyakit pembuluh darah perifer, langkah-langkah untuk mengontrol tekanan darah dan kadar kolesterol merupakan juga bagian penting dari pengobatan diabetes.

Program manajemen diri untuk pengobatan diabetes mellitus

Penderita diabetes harus bertanggung jawab untuk perawatan sehari-hari. Hal ini mencakup tingkat pemantauan glukosa darah, pengelolaan diet, menjaga aktivitas fisik, menjaga berat dan stres, pemantauan obat-obatan yang diminum, Pada kondisi tertentu menggunakan insulin melalui suntikan (atau pada beberapa penderita yang kontraindikasi suntikan bisa melalui pompa). Untuk membantu pasien mencapai hal ini, ada program yang standar disepakati oleh dokter yaitu menawarkan program pendidikan manajemen diri yang menekankan perawatan diabetes individual. Hal ini memungkinkan pasien untuk membuat penyesuaian lebih konsisten dan tepat dalam terapi dan gaya hidup mereka, sehingga perawatan diri sendiri secara mandiri bisa direncanakan, seperti penderita akan diajarkan bagaimana menyuntikkan insulin sendiri. Ini membuat penderita tidak harus jauh-jauh mendatangi dokter atau perawat setiap hari hanya untuk sebuah suntikan insulin untuk pengobatan diabetes mellitus.

Diet Manajemen dan Aktivitas Fisik

Mengubah kebiasaan makan dan meningkatkan aktivitas fisik biasanya langkah pertama untuk mengurangi kadar gula darah. Pasien diharapkan bekerja sama dengan dokter dan ahli gizi untuk menentukan rencana diet, informasi tentang kandungan gizi makanan, makanan sehat dan berolahraga.

Terapi Insulin

Pengobatan diabetes tipe 1 membutuhkan suntikan insulin beberapa setiap hari untuk mempertahankan tingkat insulin. Insulin seringkali diperlukan untuk mengobati diabetes tipe 2 juga. Menggunakan pompa insulin adalah sebuah alternative bagi beberapa penderita.

Dokter akan menentukan dosis dan seberapa sering penderita perlu insulin. Tidak ada dosis insulin standar karena tergantung pada faktor-faktor seperti berat badan, kebiasaan makan, seberapa sering penderita berolah raga dan seberapa banyak memproduksi insulin.

Obat

Kadang-kadang kadar gula darah tetap tinggi pada orang dengan diabetes tipe 2 walaupun mereka makan dengan cara yang sehat dan berolahraga. Ketika ini terjadi, obat-obatan yang diambil dalam bentuk pil biasa di resepkan oleh dokter. Obat-obat bekerja dengan cara yang berbeda. Ini termasuk meningkatkan efektifitas insulin alami tubuh, mengurangi produksi gula darah, meningkatkan produksi insulin dan menghambat penyerapan gula darah. pengobatan diabetes mellitus kadang-kadang dikombinasikan dengan insulin.

Kenali juga gejala diabetes pada artkel yang lain di website ini.

Related Posts

  1. Penyebab Diabetes Mellitus
  2. Penyakit Diabetes Mellitus
  3. Sekilas Diabetes Mellitus
  4. Gejala Diabetes Mellitus
  5. Pengobatan TBC (Tuberculosis)
  6. Pengobatan Asma Saat Ini Hanya Mengobati Gejalanya Saja

Cara Cepat Hamil

{ 6 comments… read them below or add one }

Leave a Comment