Apakah Kondisi Hamil Muda Boleh Berhubungan Intim

Apakah Kondisi Hamil Muda Boleh Berhubungan IntimPertanyaan yang sering muncul pada pasangan suami istri terutama saat istri dalam kondisi hamil muda adalah bolehkah berhubungan intim. Hal ini timbul karena adanya perasaan khawatir atau was-was jika hubungan suami istri dilakukan saat hamil muda bisa mengganggu janin yang sedang dikandung hingga menimbulkan resiko tertentu. Lalu apakah kondisi hamil muda boleh berhubungan intim? Berikut ini adalah penjelasannya untuk anda.

Kondisi Hamil Muda Boleh Berhubungan Intim

Beberapa sumber menyebutkan bahwa berhubungan intim saat kondisi ibu tengah hamil muda boleh saja dilakukan, namun harus memastikan bahwa kondisi kehamilan sehat dan tidak beresiko. Selain itu harus dilakukan dengan lebih hati-hati. Adapun untuk usia kehamilan trimester I dianjurkan dalam berhubungan intim cairan sperma sebaiknya tidak dikeluarkan di dalam karena bisa menimbulkan kontraksi besar, sehingga untuk kandungan yang lemah dan beresiko bisa memicu terjadinya keguguran. Meski demikian, secara umum berhubungan intim di masa hamil muda diperbolehkan karena janin telah terlindung oleh dinding rahim yang sangat kuat dan cairan ketuban yang memberikan ruang yang nyaman bagi janin. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus dipenuhi untuk lebih aman berhubungan intim di masa kehamilan muda:

  • Tidak ada riwayat keguguran yang pernah dialami sebelumnya.
  • Selama kehamilan tidak sering mengalami kram perut.
  • Tidak ada pendarahan pada leher rahim.
  • Kondisi plasenta tidak menutupi leher rahim.

Jika saat kehamilan mengalami flek maka dianjurkan untuk tidak berhubungan intim hingga 2 minggu ke depan agar terhindar dari resiko tertentu yang membahyakan kehamilan.

Posisi Yang Aman Saat Berhubungan Intim Di Masa Hamil Muda

Selain melakukan hubungan intim secara lebih berhati-hati, ada beberapa posisi yang dianjurkan saat berhubungan intim di masa hamil muda, yaitu:

  • Posisi istri di atas

Posisi ini lebih aman dan memungkinkan dalam meminimalisir tekanan.

  • Posisi istri di samping

Posisi ini juga terbilang aman dan bisa dilakukan saat berhubungan intim.

Itulah beberapa penjelasan mengenai hubungan suami istri saat hamil muda, yang terpenting adalah selalu mengkonsultasikan kondisi kehamilan pada dokter kandungan untuk memastikan kehamilan tetap baik dan sehat. Semoga bermanfaat.

Comments are closed.