Manfaat Susu Untuk Ibu Hamil Muda

Manfaat Susu Untuk Ibu Hamil Muda

Manfaat Susu Untuk Ibu Hamil MudaMasa kehamilan merupakan masa yang sangat penting untuk perkembangan janin, sehingga untuk memenuhi kebutuhan nutrisi pada janin yang dikandung diperlukan asupan nutrisi yang baik pada ibu hamil. Berbagai jenis vitamin maupun mineral harus selalu diperhatikan sebagai faktor penting yang akan mendukung tumbuh kembang janin secara sempurna. Salah satu nutrisi yang penting bagi ibu hamil adalah susu. Telah banyak diketahui bahwa menfaat susu untuk ibu hamil muda sangatlah banyak, sehingga konsumsi susu pada ibu hamil muda sangat dianjurkan.

Mengenal Jenis Susu Yang Baik Untuk Ibu Hamil Muda

Usia kehamilan yang masih muda bukan berarti kebutuhan akan nutrisi tidak penting, justru pada usia kehamilan trimester I kebutuhan nutrisi untuk janin harus diperhatikan. Hal ini dikarenakan pada usia kehamilan tersebut berbegai organ vital mulai terbentuk, sehingga diperlukan nutrisi yang cukup untuk mendukung perkembangan organ vital janin secara sempurna.

Salah satu nutrisi penting untuk ibu hamil muda adalah susu, dan berikut ini adalah beberapa jenis susu yang baik untuk ibu hamil muda:

  • Susu yang telah mengalami proses pasteurisasi, yaitu telah mengalami proses pemanasan terlebih dahulu. Hal ini sangat penting karena susu yang belum dipasteurisasi masih mengandung bakteri listeria yang bisa menyebabkan resiko terjadinya keguguran, sakit parah pada bayi saat lahir bahkan kematian bayi saat lahir.
  • Kandungan susu ibu hamil

Susu yang baik utuk ibu hamil muda juga harus mengandung beberapa zat, diantaranya adalah kalsium, dimana kebutuhan ibu hamil akan kalsium sekitar 1.200 mg per hari. Jika kebutuhan kalsium tidak mencukupi saat hamil, maka tubuh akan mengambil kalsium dari tulang untuk memenuhi kebutuhan janin. Selain kalsium susu yang dianjurkan untuk ibu hamil adalah yang mengandung vitamin D, DHA yang sangat baik untuk perkembangan orak janin, asam folat yang bermanfaat untuk mencegah bayi lahir cacat, serta zat besi yang bermanfaat untuk mencegah terjadinya anemia pada ibu hamil dan mengurangi resiko bayi lahir dengan berat badan kurang.

  • Rasa yang enak, dimana rasa susu yang enak dapat meminimalisir keluahan mual dan muntah pada awal kehamilan.

Manfaat Susu Untuk Ibu Hamil Muda

Di awal kehamilan ibu hamil seringkali mengalami mual dan muntah sehingga mengurangi nafsu makan, padahal asupan nutrisi untuk janin sangat diperlukan. Hal ini bisa diatasi dengan mengkonsumsi susu kehamilan, karena banyak mengandung zat yang diperlukan oleh janin dan bahkan ada beberapa zat yang bisa mengurangi keluhan mual dan muntah di awal kehamilan.  Semoga bermanfaat.

6,210 thoughts on “Manfaat Susu Untuk Ibu Hamil Muda”

  1. I’m writing to let you know of the superb discovery my daughter developed checking your web page. She mastered such a lot of details, which include how it is like to possess a wonderful giving spirit to get other folks just fully grasp specific complicated things. You really surpassed people’s desires. Many thanks for distributing such valuable, safe, revealing and even easy guidance on your topic to Kate.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *