Kondisi Ibu Ketika Usia Janin 4 Bulan

Kondisi Ibu Ketika Usia Janin 4 BulanKehamilan selalu mempengaruhi kondisi ibu baik itu secara fisik maupun psikis, dari awal mula kehamilan sampai dengan akhir kehamilan. Begitu juga dengan usia janin 4 bulan yang merupakan waktu di mana janin telah berada di dalam rahim selama kurang lebih 16 minggu dan selama itu janin mengalami teah fase-fase pertumbuhan. Pada masa di mana trimester kedua baru dimulai ini janin telah mengalami banyak perubahan dan semakin terlihat menyerupai bayi sebab organ-organ mulai lengkap. Kemudian bentuk tubuhnya semakin terlihat sempurna dengan mata yang sudah memiliki kelopak bahkan bulu mata dan alis yang sangat halus. Kemudian tangan pun sudah mulai memiliki jari jemari dan bisa mengepal. Tidak ketinggalan syaraf panca indera yang sudah mulai berfungsi.

Lalu bagaimana kondisi sang ibu?

Hamil adalah anugerah dari Yang Maha Kuasa di mana seorang wanita dipercaya untuk menghidupi cikal bakal manusia di dalam rahimnya. Setiap bulan terus membesar dari waktu ke waktu dan secara langsung atau tidak langsung memberikan efek kepada sang ibu. Pada usia bayi 4 bulan, pergerakan sudah mulai terasa meskipun belum terlalu kuat. Kemudian karena janin semakin membesar di dalam rahim, maka ibu hamil akan mendapatkan garis melintang berwarna gelap atau hitam di sekitar perut yang memanjang sampai pusar dan daerah kewanitaan. Bahkan juga bisa ditemukan di daerah leher.

Adanya garis-garis berwarna gelap di sekitaran perut dan leher sangat lumrah terjadi pada ibu hamil sebab perut kian mengembang dan kulitnya mengalami pigmentasi. Namun begitu kerontokan rambut akan terasa berkurang sehingga rambut ibu hamil akan terlihat lebih tebal. Kemudian ada keluhan lain yang biasanya datang ketika mengandung janin 4 bulan, yakni merasakan kurang tidur, sakit kepala dan juga kelelahan. Hal ini juga lumrah terjadi namun apabila terasa berlebihan, lebih baik untuk segera memeriksakannya ke dokter ahli kandungan sebab hal tersebut bisa jadi dikarenakan faktor lain yang lebih berbahaya, dan mengonsultasikannya lebih awal akan lebih bagus sebagai bentuk penanganan.

Comments are closed.