Keluhan Ibu Hamil Usia Kandungan 4 Bulan

Keluhan Ibu Hamil Usia Kandungan 4 BulanKehamilan merupakan momen yang ditunggu-tunggu dan merupakan anugerah terutama bagi pasangan yang baru menikah atau memang mendambakan kehadiran seorang anak. Seorang ibu harus mengetahui seluk beluk kehamilan guna meningkatkan pengetahuan apa yang sedang dialaminya, selain itu juga untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Tersebab efek yang bisa ditimbulkan bermacam-macam, ibu hamil harus pandai-pandai mengenali keluhan yang bisa muncul setiap saat seiring perkembangan janin terutama pada masa awal kehamilan, tak terkecuali ketika usia kandungan 4 bulan. Pengetahuan soal kehamilan juga bisa membuat ibu hamil mengerti apa penyebab dari sebuah gejala dan apa efek dari sebuah gejala. Oleh karena itu pengetahuan ini cukup penting untuk membimbing sang ibu memiliki kehamilan yang sehat dan jauh dari bahaya.

Apa saja keluhan yang biasa dirasakan saat kandungan berusia 4 bulan?

Keluhan-keluhan pada ibu yang tengah hamil merupakan hal yang biasa, terlebih jika usia kandungan masih muda. Usia kandungan 4 bulan masih terbilang muda dan itu adalah masa di mana janin memasuki pertumbuhan di trimester kedua. Terdapat banyak perubahan pada janin di dalam rahim ketika memasuki usia ini, dan sangat berbeda dibandingkan dari minggu-minggu sebelumnya. Janin yang mengapung di cairan ketuban itu kini sudah semakin mirip menyerupai bayi manusia dengan organ-organ yang nyaris lengkap dan bentuk tubuh yang semakin jelas. Bisa dilihat dari wajah yang mulai terlihat rautnya dan tangan yang mulai tumbuh sempurna, serta kaki yang juga semakin terbentuk. Begitu juga dengan tali pusar yang semakin menguat dan semakin mampu menyalurkan makanan dari tubuh sang ibu.

Keluhan yang biasa muncul ketika usia kandungan 4 bulan adalah dengan munculnya linea atau garis-garis gelap yang memajang di perut. Hal ini terjadi karena adanya pigmentasi. Terkadang juga bisa ditemukan di daerah sekitar leher dan wajah serta tangan. Jangan khawatir apabila Anda mendapati gejala ini sebab itu adalah salah satu efek dari semakin mengembangnya perut dan uterus membutuhkan darah lebih banyak dari tubuh yakni sekitar 25% lebih banyak. Sealin adanya garis-garis hitam, ibu hamil juga akan mengalami kesulitan bernapas sebab kapasitas paru-paru berkurang. Kemudian, keluhan morning sickness juga biasa ditemukan sebab 4 bulan adalah masa kehamilan yang masih awal. Apabila keluhan tersebut dirasa berlebihan, jangan ragu untuk segera konsultasikan ke dokter.

Comments are closed.