Senam Ibu Hamil Sesuai Dengan Syarat Dan Ketentuan

by syakur on November 19, 2012

senam ibu hamilOlahraga yang paling baik untuk ibu hamil adalah senam. Senam ibu hamil sangat berguna untuk masa kehamilan. Kehamilan memerlukan kondisi fisik yang sehat dan bugar, untuk itu senam menjadi salah satu olahraga yang baik untuk ibu hamil. Dengan melakukan senam ringan, tubuh akan menjadi lebih rileks, lebih aktif, serta memberikan efek ketenangan pada tubuh. Senam kehamilan dilakukan untuk memperbaiki posisi bayi agar tidak berubah, melenturkan tubuh dengan baik. Senam hamil merupakan terapi latihan gerakan untuk mempersiapkan ibu hamil secara fisik dan mental, pada persalinan cepat, aman dan spontan. Namun tidak semua ibu hamil harus melakukan senam, sebab harus melalui berbagai persyaratan untuk mengikutinya. Sebab kondisi setiap ibu hamil tentu tidaklah sama.

 

Tujuan Senam Ibu Hamil

Senam kehamilan sangat penting buat ibu yang hamil. Tentunya bermanfaat bagi kesehatan tubuh ibu dan janin. Dengan melakukan gerakan-gerakan ringan membuat tubuh lebih siap untuk beraktifitas serta membantu proses persalinan yang nyaman. Adapun tujuan senam ibu hamil yaitu untuk menguasai teknik pernafasan, memperkuat elastisitas otot, mengurangi keluhan, melatih relaksasi untuk mengatasi ketegangan saat persalinan, menghindari kesulitan proses persalinan, menguatk otot-otot tungkai, mencegah varises, memperpanjang nafas, latihan mengejan.

Manfaat Senam Ibu Hamil

Setelah mengetahui bagaimana tujuan senam ibu hamil, senam tersebut juga memiliki manfaat yang baik untuk tubuh seperti Meningkatkan sirkulasi dan kebugaran kardiovaskuler, meningkatkan kesadaran dan kendali pernafasan, meningkatkan kesadaran postur tubuh, menguatkan kelompok otot khusus, meningkatkan ketahanan dan stamina, mengurangi keletihan, meningkatkan tidur, meningkatkan kesejahteraan psikologis, mengurangi stres dan kecemasan.

Persyaratan Untuk Mengikuti Senam Ibu Hamil

Adapun ada syarat atau ketentuan untuk mengkuti senam kehamilan yaitu ibu hamil cukup sehat dan berdasarkan pemeriksaan dokter atau bidan. Kehamilan tidak mempunyai atau berisiko komplikasi seperti keguguran, kehamilan yang disertai perdarahan, kehamilan dengan bekas operasi. Senam dilakukan setelah kehamilan berumur 20-22 minggu serta dengan bimbingan petugas dan berlangsung di rumah sakit. Senam ibu hamil juga dilakukan dengan gerakan-gerakan ringan.

Related Posts

  1. Manfaat Senam Hamil Untuk Kelancaran Proses Kehamilan
  2. Pentinya Menjaga Kesehatan Ibu Hamil
  3. Mitos Ibu Hamil Menjadi Kebiasaan Di Masyarakat
  4. Nutrisi Susu Ibu Hamil Sangat Diperlukan
  5. Menjaga Kesehatan Ibu Hamil Kurangi Risiko Berbahaya
  6. Makanan Ibu Hamil: Harus Bergizi dan Bervariasi

Cara Cepat Hamil

{ 4 comments… read them below or add one }

Leave a Comment