Efek Kemoterapi Bagi Si Penderita Kanker

by alisha on November 1, 2012

efek kemoterapiEfek kemoterapi sangat nyaris langsung dirasakan oleh si pasien, sebab sangat cepat cara kerjanya. Namun kemoterapi memang wajib dilakukan bagi mereka yang menderita kanker. Penyakit mematikan ini memang sangat membahayakan, sebab dapat menimbulkan kematian. Orang yang mengalami penyakit ini, biasanya akan pucat, rambut rontok serta mudah pusing bahkan keluar darah. Kemoterapi sebagai solusi akhir untuk penderita kanker. Kemoterapi juga wajib dijalani oleh si pasien agar memungkinkan adanya kesembuhan bagi penderita kanker. Memang sangat tidak mudah menjalaninya, banyak pasien yang bosan menjalani rutinitas tersebut. tetapi jika tidak dijalankan maka dampak terburuk akan lebih membahayakan si pasien.

Efek Kemoterapi

Kesehatan memang susah untuk dicapai jika sudah mengalami hal yang serius dan berisiko. Bagi penderita kanker ataupun non kanker, biasanya terapi kesehatan kemoterapi ini selalu menjadi rutinitas yang lancar dilakukan. Namun kemoterapi sangat tidka mengenakkan bagi si pasien, tetapi hal tersebut merupakan jalan terbaik. Efek kemoterapi adalah pasien akan mengalami mual serta muntah karena obat kemoterapi mengandung rasa mual dna muntah. Pasien juga akan merasa mudah lelah, sebab energi yang dilakukan pun juga besar dalam menjalani kemoterapi. Selain itu rambut pasien akan mudah rontok hanya saja ini sifatnya sementara dan tidak semua penderita kanker yang menjalani kemoterapi mengalami hal demikian. Banyak dari mereka yang rambutnya tidak mengalami kerontokan.

Obat Yang Digunakan Untuk Menjalani Kemoterapi

Adapun obat-obatan yang digunakan dalam kemoterapi adalah obat untuk kanker payudara, kanker serviks, kanker hati, leukimia, kanker paru. Namun semua perihal tersebut juga dapat mengundang efek kemoterapi pada si pasien. Efek tersebut memang harus mereka dapati sebab mereka juga harus menjalaninya demi kesembuhan dari penyakit yang dideritanya.

Mengatasi Mual Atas Efek Kemoterapi

Untuk mengatasi efek dari kemoterapi seperti rasa mual dan muntah dapat dilakukan dengan cara memakan bubur yang berisi lauk ikan dan sayuran, makanlah dalam jumlah yang sedikit namun sesering mungkin, sering mengkonsumsi snack ringan dari kacang-kacangan, serta perbanyak makan buah. Sehingga efek kemoterapi dapat diatasi sedini mungkin.

Related Posts

  1. Kemoterapi Bagi Penderita Kanker Dan Non Kanker
  2. Pengobatan Alternatif Kanker Payudara
  3. Kanker Usus Besar
  4. Manfaat Pisang Untuk Penderita Hipertensi
  5. Mengenal Kanker Paru Paru: Apa Itu Kanker Paru-Paru?
  6. Kanker Hati – Karsinoma Hepatoseluler

Cara Cepat Hamil

{ 1 comment… read it below or add one }

Leave a Comment