Sagu Bahan Makanan Yang Sehat Untuk Tubuh

by alisha on October 24, 2012

saguSagu adalah jenis makanan yang sering dikonsumsi oleh masyarakat di Indonesia. Jenis makanan ini banyak ditemui di wilayah Indonesia bagian timur seperti Maluku dan Irian serta sebagian di wilayah Sulawesi. Pada dasarnya sagu menjadi bahan makanan pokok pengganti nasi bagi masyarakat yang minim akan tanaman padi. Beras hanya dikonsumsi pada saat waktu tertentu saja, selebihnya mereka akan mengkonsumsi sagu, jagung, umbi-umbian dan ketela. Jenis makanan pokok ini berasal dari sari pati umbi-umbian, sering digunakan sebagai bahan makanan lainnya. Sagu sebenarnya memiliki peran yang sama seperti beras dan jagung pada umumnya yaitu sebagai sumber makanan pokok yang mengandung unsur karbohidrat.

Olahan Makanan Dari Sagu

Pada umumnya sagu memang hanya dikonsumsi dalam bentuk batangan, namun rupanya dapat diolah menjadi berbagai variasi makanan. Seperti bubur sagu, bahan campuran kue, puding, papeda (makanan khas Maluku yang dimakan dengan ikan cakalang). Olahan ini memang sangat enak untuk dikonsumsi, rasanya yang lezat dan manis dapat membuat perut kita terasa kenyang. Yang paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat luas adalah bubur mutiara. Mutiara ini terbuat dari sari pati sagu yang dibentuk bola-bola kecil, paling enak jika dimakan dengan kuah santan yang gurih dan manis. Sagu juga bisa dibuat hingga menjadi tepung yang berguna untuk membuat kue, dan sebagai larutan pengental pada masakan.

Sagu Menghasilkan Banyak Manfaat

Selain sebagai sumber makanan pokok di sebagian wilayah di Indonesia, sagu rupanya memiliki sejumlah manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Manfaat sagu diantaranya yaitu sebagai sumber karbohidrat yang digunakan untuk mengganti beras, dapat mengatasi pengerasan pada pembuluh darah, mengatasi sakit pada ulu hati serta membantu mengatasi perut kembung. Selain itu penganan yang berasal dari sari pati umbian ini juga bermanfaat untuk menekan kecepatan kadar glukosa dalam darah sehingga bagi mereka yang menderita diabetes melitus sangat aman mengkonsumsinya. Serat yang terdapat didalamnya berperan untuk pre-biotik, menjaga mikroflora usus, meningkatkan kekebalan tubuh, mengurangi resiko terjadinya kanker usus, mengurangi resiko terjadinya kanker paru-paru, mengurangi kegemukan atau obesitas serta memperlancar BAB.

Kandungan Zat Pada Sagu

Adapun kandungan zat yang terdapat pada bahan makanan ini ialah 94 gram karbohidrat, memiliki 355 kalori untuk setiap 100gram nya, 0,2 gram protein, 0,5 gram serat, 10 mg kalsium, 1,2 mg besi, lemak, karoten, serta asam askorbat dalam jumlah yang kecil. Jadi mengkonsumsi sagu dapat membuat tubuh menjadi seimbang.

Related Posts

  1. Pilihan Makanan Sehat Untuk Jantung
  2. Manfaat Daun Singkong Untuk Obat Dan Makanan Sehat
  3. Menggunakan Obat Jerawat Dengan Bahan Yang Alami
  4. Makanan Yang Mengandung Zat Besi: Penting Untuk Pertumbuhan
  5. Makanan Yang Mengandung Asam Folat Untuk Pembentukan Sel-Sel Baru
  6. Mari Mengenal Menu Sehat Makanan untuk Diet

Cara Cepat Hamil

{ 3 comments… read them below or add one }

Leave a Comment