Sagu Bahan Makanan Yang Sehat Untuk Tubuh

sagu

Artikel ini membahas tentang sagu, makanan dari sagu, manfaat dan kandungan dari sagu. Artikel ditulis dengan bahasa yang singkat dan mudah dipahami.

Sagu adalah jenis makanan yang sering dikonsumsi oleh masyarakat di Indonesia. Jenis makanan ini banyak ditemui di wilayah Indonesia bagian timur seperti Maluku dan Irian serta sebagian di wilayah Sulawesi.

Pada dasarnya sagu menjadi bahan makanan pokok pengganti nasi bagi masyarakat yang minim akan tanaman padi. Beras hanya dikonsumsi pada saat waktu tertentu saja, selebihnya mereka akan mengkonsumsi sagu, jagung, umbi-umbian dan ketela. Jenis makanan pokok ini berasal dari sari pati umbi-umbian, sering digunakan sebagai bahan makanan lainnya. Sagu sebenarnya memiliki peran yang sama seperti beras dan jagung pada umumnya yaitu sebagai sumber makanan pokok yang mengandung unsur karbohidrat.

Olahan Makanan Dari Sagu

Pada umumnya sagu memang hanya dikonsumsi dalam bentuk batangan, namun rupanya dapat diolah menjadi berbagai variasi makanan. Seperti bubur sagu, bahan campuran kue, puding, papeda (makanan khas Maluku yang dimakan dengan ikan cakalang). Olahan ini memang sangat enak untuk dikonsumsi, rasanya yang lezat dan manis dapat membuat perut kita terasa kenyang. Yang paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat luas adalah bubur mutiara. Mutiara ini terbuat dari sari pati sagu yang dibentuk bola-bola kecil, paling enak jika dimakan dengan kuah santan yang gurih dan manis. Sagu juga bisa dibuat hingga menjadi tepung yang berguna untuk membuat kue, dan sebagai larutan pengental pada masakan.

Manfaat sagu dibahas pada halaman selanjutnya:

3 Responses

  1. herawaty 2 years ago
  2. Cara Cepat Hamil 3 years ago
  3. tips kesehatan 3 years ago

Add Comment