Enzim Pencernaan dalam Tubuh

by alisha on September 8, 2012

enzimpencernaan-pencernaanDalam tubuh kita tentu sangat dibutuhkan berbagai macam enzim pencernaan untuk membantu mekanisme pencernaan yang berjalan atau mekanisme pengolahan makanan yang kita makan menjadi energi dalam tubuh. Dalam setiap bagian dari perjalanan bolus makanan di dalam saluran pencernaan akan ditemukan enzim–enzim yang dihasilkan. Enzim–enzim pencernaan tersebut lah yang membantu pencernaan makanan secara kimiawi. Memecah makanan hingga berubah menjadi bentuk yang mudah diserap oleh tubuh. Tubuh juga akan langsung mengoptimalkan semua resapan kimia tersebut.

Enzim pencernaan sendiri sejatinya adalah sejenis protein yang berfungsi mempercepat atau memperlambat proses pencernaan dalam tubuh manusia. Suatu reaksi kimia yang melibatkan enzim akan mengubah suatu molekul menjadi bentuk yang berbeda. Banyak fungsi dari enzim yang melayani proses penting dalam makhluk hidup. Beberapa enzim dari pencernaan menciptakan kerja harmonis untuk mempercepat proses pencernaan dalam tubuh.

Enzim Lipase

Enzim pencernaan jenis ini adalah enzim yang berfungsi untuk memecah lemak yang masuk tubuh seseorang. Selain itu, enzim lipase juga berfungsi menguraikan zat gula dalam makanan menjadi zat gula lainnya yan dinamakan monosakarida dan disakarida. Enzim lipase sangat diperlukan untuk mengontrol asupan lemak ke dalam tubuh. banyaknya lemak yang kita konsumsi dapat menyebabkan berbagai macam penyakit berbahaya oleh karena itu keberadaan enzim lipase sangat dibutuhkan.

Enzim Amilase

Enzim amilase merupakan enzim yang dihasilkan di dalam mulut. Fungsinya adalah menguraikan zat tepung (karbohidrat) yang terdapat dalam makanan menjadi zat gula yang disebut polisakarida. Sama halnya dengan lemak, karbihdrat juga merupakan salah satu sumber energi dalam tubuh. Ketika karbohidrat masuk ke dalam mulut, seketika itu air ludah yang mengandung enzim amilase akan memecah karbohidrat rantai panjang dan mengubahnya menjadi bentuk yang lebih sederhana yakni, maltosa. Air ludah akan membantu enzim amilase untuk melicinkan makanan tadi agar lebih muda dicerna. Adanya enzim ini akan mempermudah proses pencernaan. Selain enzim pencernaan perlu diketahui jika cara mengunyah dan lama mengunyak makanan dalam mulut juga mempengaruhi bagaimana kualitas makanan tersebut akan dicerna.

Masih banyak enzim enzim pencernaan lain yang belum kami tuliskan di artikel ini.

Related Posts

  1. Pentingnya Enzim Amilase Bagi Tubuh
  2. Fungsi Enzim Dalam Tubuh Manusia
  3. Enzim dan Proses Pembentukannya Dalam Tubuh
  4. Cara Kerja Enzim Dalam Tubuh
  5. Peran Dan Kerja Enzim Katalase
  6. Virus Penyakit Tumbuh Secara Cepat Dalam Tubuh

Cara Cepat Hamil

{ 2 comments… read them below or add one }

Leave a Comment