Kacang Hijau dan Berbagai Manfaatnya

by syakur on June 14, 2012

kacang hijau Kacang hijau adalah salah satu makanan murah yang sangat berguna untuk kesehatan. Kacang hijau sudah diolah sebagai makanan sejak ribuan tahun yang lalu. Biji-bijian yang berasal dari India ini tumbuh di berbagai wilayah di Asia. pertumbuhannya yang cukup mudah juga membuat biji-bijian ini sangat murah. Orang Cina kuno menggunakan kacang ini untuk bahan makanan dan sebagai bahan obat-obatan seperti bahan untuk meringankan demam dan mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Sampai sekarang, biji-bijian ini masih digunakan sebagai bahan makanan.

Kacang Hijau dan Kolesterol

Salah satu manfaat besar kacang hijau terdapat dalam kandungan kolesterolnya yang rendah. Jika kita mempunyai masalah dengan kolesterol yang tinggi, maka kita dapat mengkonsumsi biji-bijian ini setiap hari. Bukan hanya rendah kolesterol, tetapi biji-bijian ini juga mengandung serat diet yang sangat tinggi. Makanan yang tinggi akan serat larut sangat bermanfaat untuk menurunkan kadar LDL atau kolesterol jahat. Sangat disarankan untuk mengkonsumsi sekitar 10 sampai 25 gram serat larut untuk menurunkan kolesterol dan kacang hijau mengandung 1.9gram total serat per cangkirnya.

Kacang Hijau dan Kesehatan Wanita

Dua masalah kesehatan wanita yang bisa dicegah atau diatasi oleh kacang hijau adah kanker payudara dan menopause. Kacang hijau dan beberapa biji-bijian mengandung protease yang dapat memperlambat berkembangnya sel kanker, termasuk yang dapat ditemukan di kanker payudara. biji-bijian ini juga dapat mencegah tumor. Kacang hijau mengandung isoflavone yang cukup tinggi, Zat ini bermanfaat untuk mengatur aktifitas hormonal. Biji-bijian ini dapat menjadi sumber pshytoesterogen yang dapat memengaruhi menopause. Kacang hijau juga sangat bermanfaat untuk mengatasi masalah darah rendah saat wanita datang bulan. Dengan konsumsi biji-bijian ini secara teratur, maka datang bulan akan bebas dari masalah.

Kacang Hijau dan Diabetes

Biji-bijian ini sangat memebantu pasien diabetes. kacang hijau yang rendah glycemic mempunyai kandungan gula yang rendah. Orang yang sering memakan makanan yang rendah glycemic biasanya mempunyai kandungan gula darah yang rendah. Menurut studi biji-bijian ini sangat bermanfaat untuk mencegah dan membuat seseorang dengan diabetes tipe 2 hidup lebih nyaman. Pastikan untuk memasukkan kacang hijau pada menu harian kita.

Related Posts

  1. Manfaat Kacang Hijau Bagi Kesehatan Kita
  2. Kacang Merah Bebas Dari Lemak Dan Kolestrol
  3. Kacang Polong Sebagai Sumber Protein Nabati Terbaik
  4. Sejuta Manfaat Teh Hijau
  5. Tidak Hanya Enak, Kacang Panjang Berikan Sejumlah Manfaat
  6. Manfaat Kacang Panjang Bagi Kesehatan

Cara Cepat Hamil

{ 3 comments… read them below or add one }

Leave a Comment