Kandungan Gizi dan Manfaat Tempe untuk Kesehatan

by syakur on June 14, 2012

manfaattempe Manfaat tempe sangat besar untuk kesehatan, Dibandingkan olehan kedelai yang lain, olahan yang difermentasi ini mempunyai jauh lebih banyak manfaat. Tempe mempunyai manfaat tinggi karena makanan ini diolah dari tempe utuh dan fermentasi tempe mengubah zat yang terkandung di kedelai. Banyak dari kita mengetahui bahwa tempe mempunyai kandungan protein yang tinggi dan baik untuk kesehatan, tetapi tidak tahu benar manfaat spesifik tempe.  

Kandungan Gizi Tempe

Tempe mungkin adalah makanan rakyat yang murah, tetapi rasanya sangat gurih dan enak. Yang terpenting, manfaat tempe untuk kesehatan tidak tanggung-tanggung. Tempe juga bisa dikonsumsi oleh semua orang dan tidak ada satupun penyakit yang membuat seseorang harus berpantang makan tempe karena tempe tidak mempunyai efek buruk sama sekali. Tempe mengandung protein dan serat yang sangat tinggi. Makanan ini tidak mengandung kolesterol dan rendah lemak. Tempe juga mengandung kalsium yang sangat tinggu dan menjadi sumber vitamin B, kecuali vitamin B12 yang terkandung di bahan makanan hewani. Para ahli diet menyatakan tempe ngandung zat-zat yang paling bermanfaat di tubuh seperti isoflavon dan genestein. Tempe juga mengandung banyak serat yang otomatis memperlancar penyebaran nutrisi di dalam tubuh.

Manfaat Tempe Untuk Tubuh

Dengan berbagai macam gizi dan nutrisi yang sudah disebutkan diatas, manfaat tempe sangat beragam. Serat tinggi tempe menjadikan makanan ini baik untuk pencernaan dan dapat dikonsumsi setiap hari. Tempe juga sangat mudah untuk dicerna. Karena itu, tempe baik untuk pencernaan, bahkan saat kita sakit. Tempe yang rendah sodium sangat membantu diet baik diet untuk menurunkan berat badan atau diet untuk sakit tertentu. Tempe juga mengandung antiobiotik yang tinggi. Dengan begitu, makanan ini dapat menjaga kita dari beberapa penyakit. Untuk pasien diabetes, tempe sangat disarankan.

Mengolah Tempe

Tempe gampang sekali busuk. Karena itu, pastikan untuk mempertimbangkan waktu pengolahan saat membeli tempe. Jika tempe sudah keras, pastikan untuk langsug dimasak. Tempe bisa digoreng, dipanggang, dibuat sebagai bahan pelengkap pecel atau salad, direbus dan sebagainya. Kita juga bisa membuat banyak kreasi tempe seperti memuat sandwich tempe tanpa menghilangkan manfaat tempe.

Related Posts

  1. Kandungan Gizi Wortel untuk Kesehatan yang Maksimal
  2. Manfaat Beras Merah untuk Kesehatan Kita
  3. Manfaat Beras Merah Untuk Kesehatan
  4. Yang Mungkin Belum Anda Tahu Tentang Tempe
  5. Manfaat Wortel Untuk Kesehatan
  6. Manfaat Mahkota Dewa Untuk Kesehatan

Cara Cepat Hamil

{ 4 comments… read them below or add one }

Leave a Comment