Kenali Buah Jarak

by syakur on June 8, 2012

buah jarak Jarak atau yag dalam bahasa ilmiah disebut dengan Ricinus communis adalah sejenis tanaman liar yang biasanya tumbuh di lahan kosong, di pantai maupun hutan. Tanaman jarak adalah sejenis tanaman perdu berdaun tunggal menjari berjumlah 7 sampai dengan 9 serta berdiameter 10 sampai dengan 40 cm. Tanaman jarak saat ini telah banyak dibididayakan karena memiliki manfaat yang luar biasa baikdalam bidang kesehatan maupun sebagai penghasil minyak jarak yang bermanfaat sebagai campuran pelumas maupun keperluan lainya.

Tanaman jarak banyak ditemukan pada lahan-lahan kosong. TAnaman jarak juga banyak digunakan sebagai tanaman pagar untuk membatasi pekarangan. Mugkin sebagianorang tidak memperhatikan keberadaan tanaman ini disekitar kita. Akan tetapi jarak ternyata memiliki banyak sekali manfaat dalam bidang kesehatan serta pengobatan berbagai macam penyakit.

Manfaat Buah Jarak

Semua bagian dari tanaman jarak ternyata memiliki manfaat. Biji, akar , daun dan minyak yang dihasilkan dari bijinya dapat kita manfaatkan untuk berbagai keperluan. Beberapa manfaat jarak dalam bidang pengobatan atau kesehatan antara lain:

Demam – Daun jarak dapat untuk menurunkan demam tinggi pada anak, caranya adalah dengan meremas daun jarak kemudian menempelkanya di sekitar pusar.

Sakit Perut dan Diare – Selain sebagai penurun demam pada anak, dan jarak juga bermanfaat sebagai obat sakit perut dan diare. Daun jarak yang telah diberi minyak kelapa dipanaskan sebentar dengan bara api kemudian di tempelkan di perut.

Obat Gatal – Minyak yang dihasilkan dari olahan biji jarak dapat digunakan untuk mengobati peyakit gatal pada kulit yang disebabkan oleh jamur maupun lainya. Minyak jarak juga dapat digunakan untuk mengobati bisaul dan luka berdarah.

Antimikroba – Getah buah jarak memiliki sifat antimikroba, getah jarak ii dapat digunakan untuk mengobati sakit gigi yang disebabkan gigi berlubang

Jarak Sebagai Biofuel

Sampai saat ini pemanfaatan buah jarak untuk diolah menjadi biofuel masih ramai dibicarakan. Jarak digadang-gadang menjadi sumber energi terbarui. Menipisnya jumlah cadangan bahan bakar fosil membuat jarak menjadi salah satu andalah sumber energi terbarukan di masa mendatang.

Related Posts

  1. Semua Tentang Buah Sukun
  2. Mengenal Lebih Jauh Tentang Buah Pala
  3. Buah Zaitun, Terkenal di Dunia Karena Manfaatnya
  4. Khasiat Daun Binahong Bagi Kesehatan yang Belum Banyak Terungkap
  5. Khasiat Daun Sirih Merah Bagi Kesehatan Dan Kecantikan
  6. Mahkota Dewa

Cara Cepat Hamil

{ 3 comments… read them below or add one }

Leave a Comment