Buah Ceri, Si Kecil Dengan Manfaat yang Besar

by syakur on June 8, 2012

buah ceri Buah ceri yang sering tumbuh liar di pinggiran jalan maupun semak-semak ini memang tidak membutuhkan perawatan khusus. Tanaman ini dapat tumbuh dengan mudah di sembarang tempat. Buah ceri adalah buah yang tumbuh dari sejenis tanaman yang berasal dari genus prunus. Ada berbagai spesies ceri yang tumbuh di berbagai tempat, beberapa spesies tersebut antara lain adalah P. cerasus, P. avium, P. emarginata, dan lain – lain. Di Eropa buah ceri biasanya matang sekitar bulan juni, sedangkan di Australia buah ceri matang sekitar Natal.

Buah ceri selain sebagai buah konsumsi juga banyak dimanfaat kan sebagai hiasan untuk berbagai macam kue maupun olahan boga lainya. Selain buahnya, pohon ceri yang bentuknya unik banyak ditanam sebagai tanaman hias. Bentuk daunya yang seperti paying sangat indah jika diletakkan di taman.

Kandungan Buah Ceri

Buah ceri selain lezat dimakan juga memiliki banyak kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan. Saat ini produksi buah ceri di seluruh dunia mecapai 3 juta ton. Buah ceri memiliki kandungan anthocyanin yaitu pigmen warna merah pada buah ceri yang merupakan antioksidan dan bermanfaat bagi kesehatan serta menangkal radikal bebas. Selain sebagai antioksidan, anthocyanin juga merupakan pencegah rasa sakit yang memiliki efek lebih baik daripada aspirin.

Bagi anda yang memiliki penyakit maag ataupun sensitif dengan asam, sebaiknya anda berhati-hati dalam mengkonsumsi buah ceri karena buah ini mengandung zat asam cukup tinggi. Buah ceri juga tidak boleh diolah dengan suhu tinggi karena mampu menghilangkan kandungan anthocyanin pada buah tersebut.

Manfaat Buah Ceri

Buah ceri memiliki kandungan subtansi yang dapat membersihkan sisa metabolisme yang dapat mengganggu kesehatan tubuh. Kandungan gula pad abuah ceri juga dapat memberikan tambahan energy alami dan membantu melepaskan sisa metabolisme yang tidak memiliki manfaat bagi tubuh. Ceri merupakan sumber vitamin C yang dapat mencukupi kebutuhan vitamin C yang dibutuhkan oleh tubuh. Buah ceri juga berfungsi layaknya sikat gigi alami karena buah ceri mampu menghambat aktifitas enzim yang menyebabkan pertumbuhan plak pada gigi.

Related Posts

  1. Buah Pace Yang Kaya Manfaat
  2. Yang Perlu Anda Tahu Tentang Buah Labu
  3. Buah Matoa, Lezat dan Kaya Manfaat
  4. Manfaat Buah Sirsak
  5. Hebatnya Manfaat Buah Naga
  6. Mengenal Manfaat Buah Noni / Mengkudu

Cara Cepat Hamil

{ 4 comments… read them below or add one }

Leave a Comment