Penyebab Bayi Susah Makan Dan Solusinya

by syakur on May 22, 2012

bayi susah makan Sering kali kita menemui bayi susah makan, tentu saja seorang ibu merasa kebingungan dalam menyikapinya. Namun hal ini tidak boleh dianggap spele, terkadang karena terlalu percaya sama mitos seorang ibu hanya menganggapnya sebagai hal yang biasa. Tetapi perlu diketahui bayi sangat memerlukan asupan nutrisi yang seimbang dan teratur. Hal tersebut sebagai faktor penentu bayi menjadi sehat dan aktif, setiap bayi memerlukan tumbuhkan kembang yang penting bagi mereka. Bagaimanapun juga setiap orang tua sangat mengharapkan anaknya tumbuh sehat dan aktif. Tetapi jika bayi telah susah untuk diajak makan maka ibu perlu tahu apa yang menjadi penyebabnya dan cara mengatasinya.

Faktor Penyebab Terjadinya Bayi Susah Makan

“Waktunya makan…..!” tentu istilah semacam ini bisa menjadi tidak sempurna karena si bayi susah makan dan menolak makanan yang diberikan padanya. Berdasarkan beberapa penelitian, hal ini disebabkan oleh adanya faktor kecil yang dialami oleh si bayi. Pada kondisi demikian, bayi cenderung lebih sering menyemburkan makanan yang dia makan atau hanya ingin mengemut saja. Hal ini memang wajar dilakukan oleh si bayi pada umumnya, namun tetap saja harus ada makanan pendamping yang masuk pada tubuhnya. Adapun hal tersebut dapat disebabkan oleh bayi yang tiba-tiba kehilangan selera makan.

Namun kondisi ini sifatnya relatif, tidak semua bayi mengalaminya. Selain faktor tersebut, bayi juga mengalami fase perkembangan seperti rasa ingin tahunya yang lebih besar terhadap dunia luar sehingga acara makan yang seharusnya dia dapat menjadi tidak begitu dia pedulikan. Namun ada pula penyebab bayi tidak mau makan yang dikarenakan oleh bayi mengalami masalah atau gangguan pada fisiknya sehingga mempengaruhi minat makannya, misalnya bayi sedang mengalami tumbuh gigi. Selain itu penyebab bayi yang sulit makan bisa dikarenakan oleh kondisi tubuh mereka yang tidak stabil, dalam artian bayi sedang tidak enak badan seperti batuk-pilek.

Cara Menyiasati Bayi Yang Susah Makan

Namun bagi para ibu, hal diatas bukanlah tanpa ada solusinya, karena setiap permasalahan tentu akan ada jalan keluarnya. Bagi para ibu yang memiliki bayi susah makan dapat menerapkan cara berikut. Seperti mengganti makanannya, hal ini bertujuan agar bayi tidak merasa bosan terhadap menu makanan yang sejenis. Bagi bayi yang sedang mengalami pertumbuhan gigi, adakalanya ibu menggangti makanan yang agak bertekstur sedikit kasar karena pada tahap ini si bayi akan lebih sering belajar mengunyah. Jika bayi anda merasa bosan makan dengan cara disuapi, maka anda harus memberiarkannya untuk makan sendiri atau bereksplorasi sendiri sebab pada tahap ini bayi cenderung menginginkan hal-hal yang baru dalam perkembangannya. Selain itu anda perlu mengkonsultasikannya pada dokter spesialis anak dan bayi.

Pentingnya Asupan Nutrisi Seimbang

Selain ibu mendapatkan mengenai penyebab bayi yang susah makan serta cara mengatasinya, adakalanya para ibu harus tahu akan pentingnya nutrisi yang diperlukan oleh bayi. Nutrisi yang cukup dan seimbang akan menentukan proses tumbuh kembang si bayi. Asupan makanan pendamping ASI seperti bubur, sereal, biskuit serta sari buah dan sayur sangat diperlukan oleh bayi. Dalam hal ini pemilihan sumber nutrisi perlu diperhatikan dari nilai gizi yang terkandung didalam hingga kebutuhan si bayi akan nutrisinya. Makanan yang masuk harus berpola seimbang dan bermanfaat bagi tubuh si bayi sebab akan mengurangi penyebab bayi susah makan.

Related Posts

  1. Dampak Dari Bayi Susah Tidur
  2. Pengaturan Tepat Pada Jadwal Makan Bayi
  3. Perawatan Bayi Yang Tepat Optimalkan Kesehatan
  4. Memilih Jenis Menu Makanan Bayi
  5. Perawatan Bayi Prematur Perlu Kesabaran Tinggi
  6. Cara Mudah Dapatkan Bayi Sehat

Cara Cepat Hamil

{ 1 comment… read it below or add one }

Leave a Comment