Mengenal Tahap Perkembangan Bayi

by syakur on May 22, 2012

tahap perkembangan bayi usia 2 - 6 bulan Neonatus memiliki tahap perkembangan bayi yang unik bila dibandingkan pada masa anak-anak. Tahapan-tahapan ini sangat krusial mengingat di masa ini adalah masa pertumbuhan dan perkembangan bayi yang paling optimal. Karena itu lah orang tua diharuskan memperhatikan pertumbuhan dan perkembangannya apakah ada suatu abnormalitas yang memungkinkan untuk beresiko memiliki kecacatan atau suatu penyakit yang serius. Dalam hal ini tahap perkembangan yang akan dibahas berkisar pada masa neonatus, bukan masa anak-anak.

Tahap Perkembangan Bayi Usia 0 – 2 Bulan

Pada usia ini bayi masih sangat tidak stabil karena itu orang tua dianjurkan untuk sesering mungkin mengontrol kondisi bayi ke tenaga kesehatan. Kepentingan emosional dalam setiap pengalaman tergantung pada perangai anak itu sendiri dan respon orang tua. Pertimbangkan pengaruh jadwal pemberian makan yang berbeda pada tahap perkembangan bayi khususnya bulan-bulan awal. Rasa lapar menimbulkan penambahan ketegangan, ketika pada puncaknya bayi akan terus menangis hingga diberikan asupan ASI oleh orang tua.

Tahap Perkembangan Bayi Usia 2 – 6 Bulan

Pada usia sekitar dua bulan, bayi mulai dapat tersenyum dengan keinginan sendiri dan adanya kontak mata dengan bayi dan orang tua yang menandai bahwa hubungan orang tua dengan bayi telah menjadi lebih dekat. Dengan perilaku yang seperti itu orang tua akan merasa lebih dicintai oleh bayinya. Pada bulan berikutnya, jangkauan motorik, kontrol sosial, dan penyatuan kognitif bayi dapat meningkat secara drastis. Pengaturan bersama faktor-faktor di atas secara harmonis merupakan bentuk pertukaran sosial yang kompleks di masa tahap perkembangan bayi saat ini. Usia antara tiga sampai empat bulan, rata-rata pertumbuhan fisik mulai melambat. Refleks awal yang membatasi gerak secara sukarela berkurang. Hilangnya refleks tonus pada leher asimetris berarti bahwa bayi dapat berguling dan juga mng berulai meneliti benda-benda yang berada adi garis tengahnya dan memainkannya dengan kedua tangannya. Penyusunan refleks genggaman awal memungkinkan mereka untuk memegang benda-benda dan melepaskannya atas dasar keinginan sendiri

Tahap Perkembangan Bayi Usia 6 – 12 Bulan

Pada usia ini bayi telah mengalami peningkatan mobilitas dan pengenalan benda-benda mati, perkembangan dalam kemampuan memahami kognitif dan komunikasi, dan tekanan baru sekitar motif kasih sayang dan pemisahan. Bayi mengembangkan kemauan dan hasratnya, sifat-sifat yang diterima oleh kebanyakan orang tua tetapi masih mendapat tantangan untuk diatur. Tahap perkembangan bayi di tahun awal sangat penting untuk diperhatikan oleh orangtua.

Related Posts

  1. Perkembangan Bayi Baru Lahir
  2. Perawatan Bayi Prematur Perlu Kesabaran Tinggi
  3. Pemberian Makanan Tambahan Bayi Yang Sesuai
  4. Cara Mudah Dapatkan Bayi Sehat
  5. Penyebab Bayi Susah Makan Dan Solusinya
  6. Memilih Jenis Menu Makanan Bayi

Cara Cepat Hamil

{ 1 comment… read it below or add one }

Leave a Comment