Mari Mengenal Menu Sehat Makanan untuk Diet

by syakur on May 21, 2012

sarapan tetap menjadi bagian dari menu makanan untuk diet Makanan yang sehat dan aman untuk tubuh adalah makanan untuk diet. Diet bukan berarti kita mengurangi frekuensi makan dalam seharinya. Frekuensi makan kita tetaplah sama, namun ada hal-hal yang harus diperhatikan untuk menjaga agar tubuh terhindar dari obesitas yakni jenis makanan yang kita makan, porsi makan, serta cara makan. Dalam hal ini, akan dibahas jenis makanan yang dianjurkan untuk diet.

Makan Pagi

Sarapan adalah jadwal makan terpenting yang harus dilakukan. Dengan makan pagi dapat mencegah rasa lapar yang berlebihan saat siang hari. Makanan untuk diet di saat pagi hari bisa dengan menyentap karbohidrat, karena lebih baik bila kita mengonsumsi karbohidrat di pagi hari daripada siang atau malam hari. Hal ini dikarenakan karbohidrat di pagi hari akan lebih mudah menjadi energi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk beraktivitas. Selain itu, imbangi sarapan dengan memakan makanan berserat, bisa juga diakhiri dengan meminum susu rendah lemak. Asumsi bahwa orang yang diet harus menghindari susu adalah kurang tepat, sebab susu merupakan minuman yang memberikan kita zat gizi yang cukup banyak, sehingga cukup dengan mengonsumsi susu yang rendah lemak.

Makan Siang

Utamakan buah-buahan dan makanan berserat saat siang hari. Karena makanan berserat ini tidak akan menjadi tumpukan lemak di dalam tubuh, selain itu tubh pun akan lebih mudah mencerna sehingga baik bagi sistem pencernaan tubuh kita. Konsumsi banyak protein dan kurangi sedikit karbohidrat yang kita konsumsi. Protein ini memiliki fungsi sebagai sumber energi bagi tubuh, namun intensitas kalori yang terkandung lebih rendah dari karbohidrat. Karena itulah, bila kita memperbanyak mengonsumsi protein dapat menekan rasa lapar kita sehingga kita dapat mengurangi porsi karbohidrat yang dikonsumsi saat siang hari. Karena itulah, paduan buah-buahan, makanan berserat dan protein dapat menjadi menu makanan untuk diet yang sehat.

Makan Malam

Saat makan malam hal yang harus benar-benar dihindari adalah makanan dengan kandungan lemak yang tinggi, hal ini karena aktivitas kita saat malam hari tidak seberat saat pagi dan siang hari, sehingga lemak yang kita konsumsi sulit untuk dirubah menjadi energi, melainkan disimpan menjadi lemak dalam tubuh. Buah-buahan dan makanan berserat bisa menjadi menu yang baik saat malam hari. Selain itu, bila kita memiliki kebiasaan menyamil maka pastikan Anda tidak terlalu berlebihan dalam mengonsumsi camilan tersebut. Coklat dengan kandungan 70% cocoa bisa dijadikan camilan saat malam hari, sehingga kita telah menghilangkan rasa lapar dan dapat mengurangi porsi makan malam kita. Namun hal yang perlu diingat adalah saat memakan coklat kontrol diri sendiri agar tidak ketagiahn untuk terus mengonsumsinya. Makanan untuk diet ini dianjurkan untuk terus diterapkan selama proses diet berlangusng agar usaha untuk diet sehat sebelumnya tidak sia-sia.

Related Posts

  1. Makanan Diet Untuk Menurunkan Berat Badan
  2. Menu Diet Sehat Selamatkan Tubuh
  3. Pilihan Makanan Sehat Untuk Jantung
  4. Sagu Bahan Makanan Yang Sehat Untuk Tubuh
  5. Diet Sehat Untuk Diabetes
  6. Manfaat Daun Singkong Untuk Obat Dan Makanan Sehat

Cara Cepat Hamil

{ 11 comments… read them below or add one }

Leave a Comment