Khasiat Jamur Kuping Bagi Kesehatan

by syakur on May 18, 2012

jamur kuping Jamur Kuping – Pecinta jamur tentunya tidak asing dengan tanaman yang memiliki karakteristik kenyal satu ini, jamur kuping. Tanaman satu ini bertekstur kenyal ketika masih dalam keadaan segar. Namun dalam keadaan kering akan berubah menjadi sekeras tulang. Dinamakan seperti itu karena sesuai dengan bentuk cuping seperti kuping. Warnanya yang hitam atau mungkin coklat kehitaman ternyata tidak menghalangi para penikmat kuliner untuk menyantapnya. Biasanya kita mendapati di pasaran dalam bentuk kering, namun jika ingin segera dimasak kita bisa merendamnya di air sehingga berbentuk kembali seperti semua ketika segar. Tidak hanya memiliki rasa dan kekenyalan yang unik di lidah. Tanaman satu ini juga memilliki manfaat bagi kesehatan.

Penyakit Degeneratif dan Jamur Kuping

Penyakit degeneratif adalah penyakit yang timbul sejalannya usia. Penyakit-penyakit seperti stroke, darah tinggi, maupun penyakit jantung yang lain dapat diatasi dengan mengonsumsi jamur kuping. Tanaman yang satu ini bermanfaat dalam melancarkan peredaran darah sehingga mencegah penyumbatan dari pembuluh darah. Sebagaimana yang diketahui, penyumbatan pembuluh darah akan berakibat fatal. Apalagi jika terjadi di otak, serangan stroke tidak dapat dihindarkan lagi.

Kandungan yang menyebabkan jamur kuping bermanfaat bagi kesehatan adalah thianin, riboflavin, dan niacin. Dari kandungannya kita dapat menilai jika dapat dimanfaatkan sebagai antioksidan. Antioksidan merupakan senjata melawan radikal bebas dalam tubuh yang dimana jika menyerang kita akan berakhir pada penyakit-penyakit degeneratif.

Manfaat Lendir dari Jamur Kuping

Ternyata tidak hanya dari tumbuhan itu sendiri yang memiliki manfaat bagi kesehatan. Bahkan lendir jamur kuping memiliki khasiat tersendiri. Cairan kental ini didapat dengan cara memanaskan tanaman berwarna coklat tersebut. Lendir yang dihasilkan sangat bermanfaat dalam menangkal racun. Orang Tionghoa dari dulu mempercayai jika tanaman ini mampu menetralkan senyawa berbahaya yang terkandung dalam tanaman. Selain mampu menangkal racun, lendir bisa juga dimanfaatkan untuk mencegah serta mengatasi penyakit kanker dan penyakit darah tinggi. Kandungan antikoagulan yang dimiliki mampu menjadikan manfaat bagi penyakit yang berkaitan dengan proses penggumpalan darah atau menghambat proses penggumpalan darah pada beberapa penyakit. Lendir dari jamur kuping juga bermanfaat untuk melawan penyakit kolesterol serta penyakit-penyakit degeneratif lainnya.

Related Posts

  1. Pemanfaatan Jamur Lingzhi Bagi Kesehatan
  2. Khasiat Daun Sirih Merah Bagi Kesehatan Dan Kecantikan
  3. Khasiat Daun Binahong Bagi Kesehatan yang Belum Banyak Terungkap
  4. Jamur Sebagai Pilihan Makanan Kesehatan
  5. Jamur Shitake Berikan Sumbangsih Dunia Kesehatan
  6. Jamur Merang Alternatif Pengobatan Tradisional

Cara Cepat Hamil

{ 4 comments… read them below or add one }

Leave a Comment