Tips Menjaga Kehamilan dengan Makanan yang Tepat

by syakur on May 15, 2012

tips menjaga kehamilan Tips menjaga kehamilan yang paling penting adalah yang berhubungan dengan makanan ibu. Makanan akan sangat berpengaruh pada perkambangan dan kesehatan janin. Bukan hanya itu, pada periode tertentu, saat panca indera janin sudah mulai berkembang dan sensitif, janin akan dapat merasakan makanan yang ibu makan. Karenanya, baik pada saat awal atau akhir kehamilan, ibu sangat disarankan untuk mengontrol makanan dan memperhatikan nutrisinya.

Makanan yang Disarankan

Banyak sekali tips menjaga kehamilan tentang makanan yang disarankan untuk dikonsumsi ibu hamil. Tentu saja, makanan sehat seperti buah dan sayur menjadi uruan teratas pada makanan yang harus dikonsumsi. Berbagai makanan dengan protein tinggi juga sangat disarankan. Pertumbuhan janin sangat bergantung pada protein, maka makanan dengan protein tinggi bisa dibilang menjadi bahan bakar untuk pertumbuhan janin yang maksimal. Mengkonsumsi supplemen seperti omega 3 juga sangat disarankan bukan hanya untuk pertumbuhan tubuh dan organ dalam, tetapi juga pertumbuhan otak yang maksimal.

Makanan yang harus Dihindari demi Menjaga Kehamilan

Mudah untuk mencari tips menjaga kehamilan tentang makanan yang disarankan untuk dikosumsi dan sebenarnya hampir semua makanan sehat harus dikonsumsi selama proses kehamilan, tetapi makanan apa saja yang tidak boleh dikosumsi pada saat kehamila? Ternyata cukup banyak makanan yang tidak boleh dikonsumi pada saat hamil. Pastikan untuk menghindari makanan dengan resiko merkuri yang tinggi. Seafood adalah makanan tinggi protein dan omega 3. Seafood sangat disarankan untuk ibu hamil, tetapi pastikan untuk selaktif dalam memilih produk seafood sehingga ibu terhundar dari merkuri. Seafood yang mempunyai resiko merkuri yang tinggi adalah seafood dengan ukuran yang besar.

Pastikan untuk menghindari makanan mentah atau kurang matang. Ada beberapa makanan yang tidak perlu dimasak, tetapi sebelum mengkonsumsinya, pastikan makanan tersebut sudah bebas dari kontaminasi apapun. Ibu juga disarankan untuk menghindari makanan kaleng atau makanan apapun dengan zat tambahan. Zat tambahan seperti pengawet akan memberikan dampak yang sangat buruk pada janin. Ibu juga tidak disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang sudah dipasturisasi. Perhatikan tips menjaga kehamilan tentang nutrisi lebih lanjut.

Related Posts

  1. Tips Menjaga Kehamilan Muda untuk Menghindari Keguguran
  2. Tips untuk Ibu di Kehamilan Trimester Kedua
  3. Menggunakan Alat Tes Kehamilan Dengan Tepat
  4. Apa yang Harus Dilakukan Calon Ibu pada Kehamilan Trimester Pertama?
  5. Yang Harus Diketahui Tentang Usia Kehamilan 8 Bulan
  6. Yang Perlu Diketahui Saat Usia Kehamilan 5 Bulan

Cara Cepat Hamil

{ 5 comments… read them below or add one }

Leave a Comment