Tips untuk Ibu di Kehamilan Trimester Kedua

by syakur on May 14, 2012

senam hamil mulai saat kehamilan trimester kedua Usia Kehamilan trimester kedua adalah periode pertumbuhan janin. Janin akan mengalami pertumbuhan yang sangat pesat dan signifikan pada periode ini seperti pertumbuhan organ dalam. Jika pada trimester pertama janin masih sangat rapuh, maka pada trimester kedua ini, bayi sudah cukup kuat dan siap tumbuh. Tentu saja, ibu perlu memberikan dukungan yang maksimal untuk periode ini.

Hal Penting yang Harus Dilakukan pada Kehamilan Trimester Kedua

Pada kehamilan trimester kedua, ibu harus tetap menjaga makanan dan berolahraga ringan agar tetap sehat dan dapat mendukung semua pertumbuhan janin dengan sangat maksimal . Apa yang ibu makan akan mempengaruhi perkembangan janin, maka sangat disarankan untuk mengatur pola makan dan makan dengan nutrisi yang seimbang. Janin perlu protein dan nutrisi yang lengkap agar tumbuh dengan baik dan maksimal di kehamilan trimester 2.

Cek Dokter pada Kehamilan Trimester Kedua

Pada kehamilan trimester kedua, ibu akan kebih sering mengunjungi dokter untuk mengecek perlembangan janin dan menjalani beberapa tes. Dokter juga akan memberikan saran tentang apa yang boleh dan tidak boleh kita lakukan. Melakukan senam hamil atau terapi juga disarankan pada periode ini. Akan mulai banyak ketidaknyamanan yang muncul baik dari segi fisik dan emosional. Karenanya, ibu sangat disarankan untuk menjaga kesehatan fisik dan emosi. Kulit dan bentuk badan akan mulai berubah dan tentu saja ini akan memerlukan kesiapan mental. Pada kunjungan ke dokter, ibu akan dijelaskan berbagai macam perubahan yang akan terjadi, maka ibu tidak akan terlalu kaget atau kuatir dengan berbagai perubahan termasuk perubahan berat badan yang cukup signifikan di kehamilan trimester 2.

Persiapan di Kehamilan Trimester Kedua

Pada periode ini, ibu sangat disarankan untuk mulai mencari kelas-kelas senam hamil yang ada si daerah ibu. Bukan hanya itu, pada akhir kehamilan trimester kedua, ibu juga bisa mulai berbelanja kebutuhan bayi. Pada awal kehamilan trimester ketiga dan akhir, ibu akan mengalami banyak keluhan fisik dan emosi. Pada saat itu, ibu tidak tahu apakah ibu bisa berbelanja kebutuhan bayi atau tidak, maka persiapkanlah paling tidak separuh dari kebutuhan bayi pada kehamilan trimester kedua.

Related Posts

  1. Apa yang Harus Dilakukan Calon Ibu pada Kehamilan Trimester Pertama?
  2. Mempersiapkan Kelahiran pada Kehamilan Trimester Ketiga
  3. Tips Menjaga Kehamilan Muda untuk Menghindari Keguguran
  4. Tips Menjaga Kehamilan dengan Makanan yang Tepat
  5. Tips untuk Menghadapi Kehamilan Lewat Bulan
  6. Yang Perlu Diketahui saat Usia Kehamilan 4 Bulan

Cara Cepat Hamil

{ 2 comments… read them below or add one }

Leave a Comment