Apa yang Harus Dilakukan Calon Ibu pada Kehamilan Trimester Pertama?

by syakur on May 13, 2012

mual pada kehamilan trimester pertama Kehamilan trimester pertama mungkin membuat para calon ibu mempunyai perasaan yang bercampur aduk antara senang, gugup maupun takut. Kehamilan trimester 1 adalah kehamilan pada periode yang cukup rentan akan keguguran. Karena itu, ibu harus menjaga kandungan dengan sangat hati-hati. Berikut tips untuk ibu pada kehamilan trimester pertama.

Makanan pada Kehamilan Trimester Pertama

Seperti yang dikatakan sebelumnya, kehamilan trimester pertama adalah periode yang cukup rentan. Makanan dan aktifitas harus benar-benar dijaga. Yang harus ibu tahu adalah bayi terbentuk dari protein dan ia tidak akan mendapatkan protein atau lemak dari manapun kecuali asupan makanan ibu. Dengan protein yang cukup, ibu akan membantu bayi membentuk tulang, organ dalam, jaringan tubuh dan sebagainya. Ibu juga harus makan cukup karbohidrat untuk energi ibu dan bayi. Sayangnya, banyak calon ibu yang susah makan pada kehamilan trimester 1. Ibu cenderung tidak nafsu makan dan merasakan ketidaknyamanan seperti sakit perut, mual, muntah, pusing dan lain sebagainya. Jangan turuti rasa tidak nafsu makan dan berkutat dengan rasa sakit karena makanan yang bergizi sebenarnya menjadi solusi kenyamanan untuk periode ini. Berolahraga ringan juga menjadi solusi untuk membuat periode ini lebih nyaman.

Penting untuk calon ibu mengetahui cara-cara agar kehamilan trimester pertama terasa lebih nyaman seperti berolahraga ringan, makan makanan bergizi dan lain sebagainya. Merawat kehamilan pada periode ini memang harus lebih berhati-hati karena janin masih sangat lemah. Sangat disarankan untuk mengkonsumsi susu yang khusus dibuat untuk kehamilan trimester pertama. Susu tersebut akan menguatkan janin dan mengurangi ketidaknyamanan yang sering terjadi pada trimester pertama.

Cek ke Dokter mulai Kehamilan Trimester 1

Banyak orang cenderung untuk memilih dokter terdekat untuk mengecek kehamilan periode pertama. Patut kita ingat bahwa tidak semua dokter berkualitas dan mempu memberikan panduan yang baik. Ibu pasti menginginkan dokter yang cakap dan informatif, jadi ibu tahu pasti setiap perkembangan janin. Pastikan juga untuk mempersiapkan keuangan untuk pemeriksaan dan persiapan kelahiran. memang terasa cukup awal untuk persiapan finansial, tetapi jumlah uang yang akan dikeluarkan sama sekali tidak sedikit, karenanya sangat disarankan untuk perisapan lebih dini, pada kehamilan trimester pertama,

Related Posts

  1. Tips untuk Ibu di Kehamilan Trimester Kedua
  2. Mempersiapkan Kelahiran pada Kehamilan Trimester Ketiga
  3. Apa yang Terjadi pada Usia Kehamilan 3 bulan ?
  4. Yang Harus Diketahui Tentang Usia Kehamilan 8 Bulan
  5. Beberapa Penyebab Keguguran pada Kehamilan yang Perlu Anda Ketahui
  6. Kehamilan Pertama Selalu Over Protektif

Cara Cepat Hamil

{ 5 comments… read them below or add one }

Leave a Comment