Kematangan Kandungan pada Usia Kehamilan 9 Bulan

by syakur on May 13, 2012

Pada kehamilan 9 bulan, janin sudah siap untuk dilahirkan. Pada masa ini, janin hanya akan mengalami beberapa pertumbuhan yang membuatnya benar-benar siap untuk kelahiran. Pada usia ini, ibu disarankan untuk berfokus pada pertumbuhan berat badan janin.

Janin pada Kehamilan 9 Bulan

Usia kehamilan 9 bulan adalah usia persiapan matang janin agar janin siap dilahirkan. Beberapa perkembangan detail yang berkaitan dengan kelahiran sudah mulai Nampak. Pada periode ini, hal yang paling penting adalah menambah bobot untuk mensuplai energi yang dibutuhkan pada saat hari-hari pertama ia dilahirkan dan sebelum ia mendapatkan ASI. Masa ini adalah masa dimana paru-paru janin akan berkembang secara maksimal sampai siap untuk menhirup udara luar. Rambut halus janin sudah mulai tumbuh dan kulitnya juga sudah bisa memproteksi janin dari lingkungan. Kukunya juga mungkin sudah tumbuh panjang. Matanya sudha berwarna walaupun masih akan berubah-ubah dalam enam bulan kedepan. Sistem kekebalan tubuhnya masih lemah, karenanya, ia masih mendapat perlindungan dari plasenta. Saat ia dilahirkan, perlindungannya akan langsung disuplai oleh kolostrum dan susu. Pada akhir periode ini, janin akan tumbuh sekitar 14-15 inci dengan berat sekitar 3 sampai 4 kg.

Sangat penting untuk para calon ibu mengetahui cara-cara untuk membuat kehamilan trisemester 1

Perubahan Tubuh Ibu pada Kehamilan Bulan 9

Ibu pada periode kehamilan 9 bulan akan mengalami sedikit kebimbangan karena perkembangan janin yang cukup besar dan rasa gugup menghadapi kelahiran. Periode ini adalah periode dimana ibu merasakan berbagai level kontraksi. Ibu akan sangat sulit tidur. Payudara akan membengkak dan terisi susu walaupun belum akan sepenuhnya terisi sampai ibu melahirkan. Posis janin yang agak turun membuat ibu lebih leluasa untuk bernafas tetapi pergerakan kebawah ini menimbulkan tekanan pada kandung kemih.

Tanda-tanda Kehamilan 9 Bulan

Pada kehamilan bulan terakhir ini, banyak percampuran rasa emosial dan fisik, maka ibu harus mempersiapkannya dengan baik. Beberapa tanda pada periode ini adalah kelelahan, sembelit, rasa terbakar pada jantung, sakit punggung, gusi berdarah, tekanan pada kandung kemih dan air susu yang keluar. Ibu juga akan mengalami pembengkakan pada payudara, mimisan, pembengkakan, sesak nafas, hemorrhoid, masalah tidur dan mood yang berubah-ubah karena kematangan kandungan pada periode kehamilan 9 bulan.

Related Posts

  1. Usia Kehamilan 6 Bulan, Yang Perlu Diketahui
  2. Apa yang Terjadi pada Usia Kehamilan 3 bulan ?
  3. Yang Perlu Diketahui saat Usia Kehamilan 4 Bulan
  4. Mengenal Lebih Jauh Tentang Usia Kehamilan 7 Bulan
  5. Yang Harus Diketahui Tentang Usia Kehamilan 8 Bulan
  6. Yang Perlu Diketahui Saat Usia Kehamilan 5 Bulan

Cara Cepat Hamil

{ 32 comments… read them below or add one }

Leave a Comment