Yang Harus Diketahui Tentang Usia Kehamilan 8 Bulan

by syakur on May 13, 2012

janin pada kehamilan 8 bulan Kehamilan 8 bulan adalah masa dimana perkembangan janin mulai maksimal dan menunjukkan kesiapannya untuk hadir di dunia. Pada periode ini, ibu sanga disarankan untuk makan makanan yang bergizi untuk memaksimalkan pertumbuhan janin, terutama pada pertumbuhan otak.

Janin pada Kehamilan 8 Bulan

Pada usia kehamilan 8 bulan, janin tumbuh dengan sanat aktif, terutama pada otaknya. Karenanya, untuk memaksimalkan pertumbuhan otak, sangat disarakan untuk ibu mengkonsumsi suplemen dan makanan bergizi, terutama yang mengandung omega 3. Janin akan tumbuh setidaknya satu kilo sebelum akhir periode ini. Bentuk badan janin yang semaking besar membuatnya tidak leluasa bergerak, karenanya pada masa 8 bulan, janin cenderung untuk lebih tenang. Paru-paru janin masih berkembang, tetapi seluruh badan dan organ sudah tumbuh dengan maksimal. Mata janin sudah berfungsi, membuatnya dapat melihat fokus dan bahkan berkedip. Ibu bahkan bisa mengenali kapan si janin tidur dan bangun. Ari-ari (plasenta) Janin dibalut dengan cairan seperti gelatin, jadi walaupun ia bergerak, ari-arinya tidak akan membelit. Ukuran janin pada periode ini sekita 12 inci dan beratnya mencapai sekita 2.5 kg.

Perubahan Tubuh Ibu pada Kehamilan Bulan Kedelapan

Karena janin sudah mulai tumbuh maksimal dan akan lahir dalam waktu singkat, maka ibu akan banyak mengalami kontraksi pada kehamilan 8 bulan. Ibu tidak perlu kuatir karena ini bukan tanda yang buruk. Sebaliknya, kontraksi digunakan sebagai alam olahraga alami uterus untuk bersiap-siap dengan proses kalhiran. Posis janin juga akan sedikit jatuh ke bagian kandung kemih. Tekanan pada kandung kemih dan daerah sekitarnya biasanya menimbulkan rasa nyeri. Hormon esterogen ibu juga akan meningkat drastic yang membuatnya lebih sensitif pada oxytocin, hormone yang akan digunakan tubuh untuk berkontraski pada saat melahirkan. Ibu akan terus merasa seperti akan melahirkna. Jika ibu belum mendaftar kelas senam hamil atau sejenisnya, pastikan untuk mendaftar sekarang sebelum terlambat karena akan sangat membantu.

Tanda-tanda Kehamilan 8 Bulan

Banyak sekali tanda kehamilan 8 bulan yang dirasakan ibu. Beberapa keluhan yang dirasakan ibu pasa masa ini adalah kelelahan, sembelit, sakit punggung, cairan yg keluar dari kelenjar sus, gusi berdarah dan tekanan pada kandung kemih. Ibu juga akan mengalami payudara yang membengkak, kram kaki, sesak nafas, pembengkakan dan lain sebagainya. Sangat penting untuk ibu mengikuti senam atau bebrapa terapi untuk menangani rasa sakit dan mempersiapkan kehamilan pada kehamilan 8 bulan

image source: http://www.webmd.com

Related Posts

  1. Yang Perlu Diketahui Saat Usia Kehamilan 5 Bulan
  2. Usia Kehamilan 6 Bulan, Yang Perlu Diketahui
  3. Yang Perlu Diketahui saat Usia Kehamilan 4 Bulan
  4. Kematangan Kandungan pada Usia Kehamilan 9 Bulan
  5. Mengenal Lebih Jauh Tentang Usia Kehamilan 7 Bulan
  6. Apa yang Terjadi pada Usia Kehamilan 3 bulan ?

Cara Cepat Hamil

{ 18 comments… read them below or add one }

Leave a Comment