Kehamilan 7 Bulan – Melihat Perkembangan Janin dan Ibu

janin pada kehamilan 7 bulan

Artikel ini menjelaskan tentang kondisi janin ketika kehamilan berusia 7 bulan dan juga kondisi ibu yang sedang hamil 7 bulan tersebut. Selamat mambaca.

Kehamilan 7 bulan adalah periode yang tinggal menunggu sempurnanya janin untuk siap dilahirkan. Janin yang lahir prematur pada usai 7 bulan mempunyai harapan hidup yang cukup tinggi. Bentuk fisik janin sudah terlihat sangat sempurna, tetapi dalam segi bobot dan kesempurnaan belum mencukupi untuk lahir.

Janin pada Kehamilan 7 Bulan

Janin pada kehamilan 7 bulan sudah mulai jurang nyaman berada di rahim karena dengan ukuran badannya, ukuran rahim akan terasa sangat sempit. Ia akan mulai merasakan keterbatasan ruang dan bergerak-gerak mencari posisi yang nyaman. Janin sudah bisa melihat walaupun yang dilihatnya hanya uterus yang terang atau gelap. Keadaan uterus yang terang dan gelap ini membantunya membedakan siang dan malam. Ia juga sudah bisa mendengar walaupun yang didengarnya menyeruapi dengungan. Hal ini membiasakannya mendengar suara ayah dan ibu, suara dimana ia tinggal dan bahkan music. Ia juga akan mendengarkan musik yang ibu dengarkan. Begitu juga suara hewan dan keadaan sekitar. Indera perasanya juga sudah hampir sempurna dengan begitu ia akan merasakan apa yang ibu makan. Paru-parunya sudah berlatih untuk bernafas dan gerakan yang ia lakukan membantunya melatih ototnya. Tulang janin pada periode ini sudah muali sempurna dan ia sudah mempunyai lemak untuk energinya. Ukuran janin pada periode ini sekitar 11 inci.

Selanjutnya, Perubahan tubuh yang terjadi pada ibu hamil 7 bulan ada pada halaman berikutnya:

11 Responses

  1. lovely tasya 12 months ago

Add Comment