Mengenal Lebih Jauh Tentang Usia Kehamilan 7 Bulan

by syakur on May 13, 2012

janin pada kehamilan 7 bulan Kehamilan 7 bulan adalah periode yang tinggal menunggu sempurnanya janin untuk siap dilahirkan. Janin yang lahir prematur pada usai 7 bulan mempunyai harapan hidup yang cukup tinggi. Bentuk fisik janin sudah terlihat sangat sempurna, tetapi dalam segi bobot dan kesempurnaan belum mencukupi untuk lahir.

Janin pada Kehamilan 7 Bulan

Janin pada kehamilan 7 bulan sudah mulai jurang nyaman berada di rahim karena dengan ukuran badannya, ukuran rahim akan terasa sangat sempit. Ia akan mulai merasakan keterbatasan ruang dan bergerak-gerak mencari posisi yang nyaman. Janin sudah bisa melihat walaupun yang dilihatnya hanya uterus yang terang atau gelap. Keadaan uterus yang terang dan gelap ini membantunya membedakan siang dan malam. Ia juga sudah bisa mendengar walaupun yang didengarnya menyeruapi dengungan. Hal ini membiasakannya mendengar suara ayah dan ibu, suara dimana ia tinggal dan bahkan music. Ia juga akan mendengarkan musik yang ibu dengarkan. Begitu juga suara hewan dan keadaan sekitar. Indera perasanya juga sudah hampir sempurna dengan begitu ia akan merasakan apa yang ibu makan. Paru-parunya sudah berlatih untuk bernafas dan gerakan yang ia lakukan membantunya melatih ototnya. Tulang janin pada periode ini sudah muali sempurna dan ia sudah mempunyai lemak untuk energinya. Ukuran janin pada periode ini sekitar 11 inci.

Perubahan Tubuh Ibu pada Kehamilan Bulan Ketujuh


Ibu pada kehamilan 7 bulan akan mengalami rasa ingin buang air yang lebih sering karena rahim semakin menekan kandung kemih. Uterus yang membesar akan membuat sakit punggung. Untuk meminimalisir sakit punggung, disarankan untuk memakai sandal tak berhak dan mengoreksi postur tubuh. Ukuran tubuh akan semakin membesar dan membuat ibu tidak nyaman tidur. Kolostrum sudah terbentuk di kelenjar payudara. Banyak rasa tidak nyaman yang mungkin dirasakan ibu pada kehamilan 7 bulan ini.

Tanda-tanda Kehamilan 7 Bulan

Lebih banyak tanda-tanda dan rasa tidak nyaman yang akan terjadi. Beberapa ketidaknyamanan yang bisa terjadi adalah: kelelahan, rasa jantung terbakar, stretch marks, sakit punggung, kram kaki, hemorrhoids, mimisan, tekanan pada kandung kemih, varises, cairan dari payudara, dan rasa sesak nafas. Ibu disarankan untuk mengikuti senam hamil dan beristirahat lebih banyak pada kehamilan 7 bulan.

image source: http://www.webmd.com

Related Posts

  1. Yang Harus Diketahui Tentang Usia Kehamilan 8 Bulan
  2. Yang Perlu Diketahui saat Usia Kehamilan 4 Bulan
  3. Yang Perlu Diketahui Saat Usia Kehamilan 5 Bulan
  4. Usia Kehamilan 6 Bulan, Yang Perlu Diketahui
  5. Apa yang Terjadi pada Usia Kehamilan 3 bulan ?
  6. Mengenal Lebih Jauh Tentang Buah Pala

Cara Cepat Hamil

{ 11 comments… read them below or add one }

Leave a Comment