Usia Kehamilan 6 Bulan, Yang Perlu Diketahui

by syakur on May 11, 2012

janin usia pada kehamilan 6 bulan Usia Kehamilan 6 bulan adalah usai kehamilan yang sudah cukup matang. Janin sudah mulai berkembang dewasa. Pada usia 5 bulan, ia sudah menembangkan panca inderanya dan akan disempurnakan pada periode 6 bulan ini. tentu saja, walaupun sudah terlihat cukup dewasa, tetapi janin pada bulan keenam ini belum siap untuk lahir dengan sempurna.

Janin pada Usia Kehamilan 6 Bulan

Di periode kehamilan 6 bulan, kulit janin yang sebelumnya cukup transparan sudah mulai terlihat seperti kulit dewasa, tetapi tentu saja masih belum sempurna. Retina mata juga sudah mulai terbentuk sempurna walaupun belum siap untuk melihat. Aliran paru-paru terbentuk dan paru-paru sudah menghasilkan surfactant, suatu cairan yang fungsinya mencegah satu paru-paru lengket dengan paru-paru yang lain. Tetapi ini bukan berarti paru-paru sudah siap seperti bayi yang sudah dilahirkan karena sebenarnya paru-paru adalah bagian terakhir dari janin yang akan terbentuk sepenuhnya. Ukuran kepala janin juga sudah mulai normal menyeruapi janin yang siap dilahirkan, Janin pada masa ini sudah mempunyai pola bagun dan tidur dan sudah mulai bergerak aktif. Pada akhir bulan ke 6, bayi akan berukuran sekitar 10 inci.

Perubahan Tubuh Ibu pada Usia Kehamilan Bulan Keenam


Periode kehamilan 6 bulan membuat ibu harus menghsilkan tenaga ekstra. Banyak perubahan signifikan yang bisa dirasakan pada trimester kedua ini. Uterus akan melebar dan menekan kandung kemih. Tetapi ukuran uterus tidak akan terlalu lebar sampai mengakibatkan ketidaknyamanan pada saat bernafas atau makan. Ibu akan butuh banyak energi pada periode ini. Libido juga akan lebih meningkat dan ibu akan merasakan gerakan bayi hampir setiap hari. Peningkatan berat badan akan mulai stabil dan stretch mark akan terlihat. Kelenjar tiroid akan mulai aktif. Cairan juga akan keluar dari puting.

Tanda-tanda Kehamilan 6 Bulan

Ibu akan mengalami beberapa ketidaknyamanan pada periode kehamilan 6 bulan ini. Beberapa rasa tidak nyaman yang timbul adalah gerakan bayi, rasa jantung terbakar, sembelit, stretch mark, kontraksi, cairan di puting, tekanan pada kandung kemih, sesak nafas, kram pada kaki, bengkak, lendir pada vagina dan lain sebagainya. Ibu dianjurkan banyak beristirahat dan senam hamil mulai kehamilan 6 bulan.

image source: http://www.webmd.com

Related Posts

  1. Yang Perlu Diketahui saat Usia Kehamilan 4 Bulan
  2. Yang Perlu Diketahui Saat Usia Kehamilan 5 Bulan
  3. Yang Harus Diketahui Tentang Usia Kehamilan 8 Bulan
  4. Apa yang Terjadi pada Usia Kehamilan 3 bulan ?
  5. Mengenal Lebih Jauh Tentang Usia Kehamilan 7 Bulan
  6. Kehamilan 1 Bulan, Yang Sebaiknya Perlu Anda Ketahui

Cara Cepat Hamil

{ 14 comments… read them below or add one }

Leave a Comment