Kehamilan 5 Bulan – Yang Sebaiknya Perlu Diketahui

janin pada usia kehamilan 5 bulan Kehamilan 5 bulan bisa dikatakan periode yang sudah dewasa walaupun masih sangat jauh dari kelahiran. Yuk kita baca artikel yang ditulis dengan singkat, jelas namun santai ini.

Janin pada periode ini mengalami pertumbuhan yang cukup signifikan. Bukan hanya kelima inderanya mulai berfungsi, tetapi juga janin akan merasa lebih sensitif terhadap sekitarnya. Janin mulai merespon terhadap lingkungan sekitarnya.

Janin pada Usia Kehamilan 5 Bulan

Panca indera janin pada usia kehamilan 5 bulan mulai aktif dan sensitif. Kulitnya akan lebih sensitif pada rangsangan, begitu juga dengan indera perasanya. Ia juga sudah bisa merespon beberapa suara dan matanya juga sudah mulai berkembang. Bersamaan dengan berkembangnya organ dalam dan indera, janin pada periode ini juga sudah mulai mengembangkan suatu perlindungan terhadap lingkungannya yang disebut vernix caseoda. Ini adalah suatu cairan yang ia keluarkan dari kelenjar minyaknya untuk melindungi kulit dan menjaga temperaturnya. Ia juga sudah mempunyai sistem perlindungan sederhana yang akan melindunginya dari sakit atau infeksi. Ia akan mengembangkan suatu lemak yang akan membantunya menjaga temperatur tubuhnya. Ginjal sudah terbentuk dan membuatnya bisa menghasilkan urine. Pada akhir bulan ke 5, ukuran janin akan mencapai sekitar 7.4 inci.

Di halaman selanjutnya akan dijelaskan tentang perubahan tubuh ibu pada kehamilan bulan ke 5:

17 Responses

  1. Lili.abriyani 7 months ago
  2. nona 10 months ago
    • Fidelix 8 months ago
    • sayyid ahafiyah 7 months ago
  3. ai nuryani 11 months ago
    • Diala 8 months ago

Add Comment