Kehamilan 4 Bulan – Melihat Perkembangan Janin dan Ibu

janin pada kehamilan 4 bulan Pada kehamilan 4 bulan, janin sudah menyerupai manusia sempurna lengkap dengan kemampuan inderanya. Janin pada periode ini bisa dibilang cukup dewasa, Pertumbuhan orang janin sudah hampir sempurna dan tinggal mengembangkan atau mematangkannya. bentuk wajah janin dengan detail mata, hidung dan mulut juga sudah mulai sempurna.

Bayi pada Kehamilan 4 Bulan

Periode kehamilan 4 bulan diisi dengan pendewasaan bagian tubuh janin. Tulang telinga janin bahkan sudah mulai terbentuk dan mengeras pada periode ini. Ia bahkan sudah bisa mendengarkan beberapa suara dari luar. Pendengaran janin belum akan sempurna sampai ia berusia 7 bulan, tetapi pada periode 4 bulan ini ia sudah mulai bereaksi terhadap beberapa suara, terutama suara ibunya. Paru-paru juga sudah mulai tumbuh dengan sempurna. Pada periode ini paru-paru bahkan sudah mulai belajar bernafas. Wajah janin dan telinga bagian luar sudah terbentuk.

Janin di usia kandungan 4 bulan sudah bisa melakukan beberapa gerakan. Walaupun bayi pada periode ini belum bisa melihat, tetapi ia sudah sensitif terhadap cahaya. Kulit kepala dan alis juga sudah mulai tampak. Ada kalanya ia sudah menghisap jempol tangannya. Ukuran janin pada periode ini sekitar 5.5 inci. Dengan ukuran ini, detak jantung janin sudah mulai bisa dirasakan.

Selanjutnya, perubahan tubuh ibu pada usia kehamilan 4 bulan ada pada halaman berikut ini:

26 Responses

  1. silvia 1 month ago
  2. heldawati 2 months ago
  3. imanudin 4 months ago
  4. cynthia gita pertiwi 1 year ago

Add Comment