Kehamilan 3 Bulan – Apa Saja Yang Terjadi?

janin pada usia kehamilan 3 bulan Pada Usia kehamilan 3 bulan, terutama pada akhir masa 3 bulan, janin sudah bisa disebut sebagai manusia. Bentuk janin sudah benar-benar menyerupai manusia dengan detailnya. Maka dari itu, terdapat larangan keras untuk mengaborsi janin yang sudah menginjak usia 3 bulan. Pada usia ini hal-hal detail juga sudah berkembang sepenuhnya.

Janin pada Kehamilan 3 Bulan

Di Usia kehamilan 3 bulan, janin sudah mempuunyai wajah yang lengkap dengan mata, hidung, mulut dan lain sebagainya. Janin usia ini juga sudah mempunyai 32 bakal gigi permanen. Jika kita melihat bagian jari-jari yang kecil, kita bahkan sudah bisa melihat kuku-kuku kecil. Kuku sudah dapat dilihat di jemari tangan maupun kaki.

Pada masa ini, organ intim belum terbentuk sepenuhnya, maka kita belum akan dapat melihat jenis kelamin bayi. Tulang-tulang juga sudah mulai terbentuk dengan sempurna, begitu juga dengan otot yang sudah mulai terbentuk sepenuhnya. Janin pada usia ini juga sudah mulai bisa bergerak karena, syaraf, otot dan otak janin sudah mulai berfungsi. Akan tetapi, pergerakan janin belum bisa dirasakan sama sekali karena ukurannya yang masih sangat kecil. Walaupun masih sangat muda, tetapi pada periode ini janin sudah mulai berlatih gerakan menghisap, menelan dan bahkan buang air kecil. Pada akhir periode 12 minggu, ukuran janin akan mencapai 3.5 inci.

Perubahan tubuh ibu saat usia kandungan 3 bulan ada pada halaman berikutnya:

9 Responses

  1. mama mang 12 months ago
  2. irma wati 2 years ago
  3. Ingried 2 years ago

Add Comment