Kehamilan 2 Bulan, Yang Sebaiknya Anda Ketahui

by syakur on May 10, 2012

janin pada kehamilan 2 bulan Kehamilan 2 bulan bisa dikatakan kehamilan yang masih sangat muda. Pada periode ini, janin masih mengembangkan organ dan tubuh mereka, tetapi bentuk janin sudah mulai terlihat. Ibu juga sudah mulai sadar akan kehamilannya. Pada periode ini, perkembangan janin bisa dikatakan cukup pesat. Berikut adalah penjelasan perkembangan janin dan tanda-tanda yang dirasakan ibu.

Janin pada Kehamilan 2 Bulan

Pada kehamilan 2 bulan, janin akan mulai membentuk organ dalam dan berbagai struktur penting tubuh, Organ dalam sudah berkembang sepenuhnya dan lengkap pada saat janin menginjak usia 8 minggu. Pada period ini, janin juga akan terus berkembang, terutama pada otaknya. Periode ini diisi dengan berbagai macam pertumbuhan orang yang penting seperti organ dalam dan otak, Bukan hanya itu, tangan dan kaki juga sudah berkembang pasa periode ini. Pada ujung tangan dan kaki bahkan sudah dapat dilihat jari kecil dan kaki yang mulai berkembang dan terbentuk. Uniknya, pada periode ini, janin bahkan sudah mempunyai sidik jari. Telinga dan mata juga sudah mulai terbentuk walaupun belum dapat mendengarkan sampai beberapa minggu berikutnya. Pada gusi bayi paeriode kehamial 2 bulan, bakal gigi juga sudah terbentuk. Pada periode ini, janin akan berukuran sekita 1 inci.

Perubahan Tubuh Ibu pada Kehamilan Bulan Kedua

Pada kehamilan 2 bulan, ibu sudah mengalami perubahan fisik yang cukup berarti. Homon kehamilan akan membuat payudara berkembang dan cukup siap untuk menyusui. Payudara akan lebih besar, termasuk bagian puting payudara. Payudara akan terasa nyari dan lembut. Hormon ini juga mengakibatkan apa yang kita sebut sebagai morning sickness. Ibu akan mengalami peningkata energi. Kelelahan biasa dialami pada awal kehamilan, tetapi kadar kelelahan tidak akan terlalu berlebihan. Pastikan ibu cukup makan dan istirahat. Aliran darah juga akan meningkat untuk memenuhi kebutuhan janin. Salah satu akibatnya adalah vagina yang menjadi cukup sensitif dan membengkak. Lendir pada vagina juga akan meningkat untuk menjaga vagina dari infeksi. Pada masa ini, ibu biasanya akan mengalami perubahan mood.

Tanda-Tanda Kehamilan 2 Bulan

Beberapa perubahan yang terjadi pada periode ini bermacam-macam. Berikut tanda-tanda yang umum terjadi pada kehamilan usia 2 bulan: sering buang air kecil, nyeri payudara, kelelahan yang meningkat, gejala morning sickness, lendir vagina yang meningkat, mood yang berubah-ubah di kehamilan 2 bulan dan lain sebagainya.

 

image source: http://www.webmd.com

Related Posts

  1. Kehamilan 1 Bulan, Yang Sebaiknya Perlu Anda Ketahui
  2. Yang Perlu Diketahui saat Usia Kehamilan 4 Bulan
  3. Apa yang Terjadi pada Usia Kehamilan 3 bulan ?
  4. Usia Kehamilan 6 Bulan, Yang Perlu Diketahui
  5. Yang Perlu Diketahui Saat Usia Kehamilan 5 Bulan
  6. Yang Harus Diketahui Tentang Usia Kehamilan 8 Bulan

Cara Cepat Hamil

{ 17 comments… read them below or add one }

Leave a Comment