Makanan Ibu Hamil: Harus Bergizi dan Bervariasi

by syakur on May 9, 2012

makanan ibu hamil harus bergizi dan bervariasi Makanan ibu hamil bervariasi dan sangat penting karena seorang ibu yang sedang hamil memerlukan makanan yang bergizi dan relatif lebih banyak daripada untuk ibu yang tidak sedang hamil. Oleh sebab itu para Ibu yang sedang hamil diwajibkan untuk menjaga pola makanan mereka serta minum vitamin dan obat untuk perkembangan janin. Ingat bahwa ada kehidupan lain dalam tubuh seorang ibu hamil yang sangat memerlukan perhatian dari anda. Janin kecil yang sedang tumbuh, dalam rahim seorang ibu akan berkembang perlahan-lahan membesar kemudian bertambah besar.

Makanan Ibu Hamil: Kegunaan dan Caranya

Berikut ini adalah beberapa kegunaan makanan yang bergizi untuk para ibu yang sedang hamil. Makanan ibu hamil yang bergizi sangat berguna untuk pertumbuhan janin yang ada di dalam kandungan dan untuk mempertahankan kekuatan dan kesehatan badan ibu sendiri. Di samping itu, makanan untuk ibu hamil yang bergizi tersebut juga bermanfaat agar luka-luka persalinan lekas sembuh dalam nifas serta untuk mengadakan cadangan untuk masa laktasi.

Berikut adalah sedikit cara bagaimana mengkonsumsi makanan ibu hamil yang benar. Sang ibu perlu makan teratur tiga kali sehari dan hidangannya harus berasal dari bahan makanan yang bergizi yang terdiri dari makanan pokok, sayur mayor, lauk pauk, dan buah buahan. Diusahakan juga untuk minum susu satu gelas setiap hari. Konsumsi aneka ragam makanan yang ada dan pilih dan beli beberapa macam bahan makanan yang masih segar.

Hal Yang Perlu Diperhatikan Pada Makanan Untuk Ibu Hamil

Ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan oleh para ibu yang sedang hamil. Diantaranya adalah ibu hamil perlu makan dan minum lebih banyak dari saat tidak hamil. Untuk mencegah kurang darah selama masa kehamilan para ibu harus banyak mengkonsumsi makanan sehat untuk ibu hamil yang mengandung zat besi, misalnya sayuran hijau tua, tempe, tahu, kacang merah, kacang hijau, dan kacang-kacangan lainnya, ikan, telur, dan daging. Jangan lupa untuk minum tablet tambah darah satu butir tiap hari. Selama hamil, para ibu sangat perlu memperhatikan ragam makanan ibu hamil.

Related Posts

  1. Pro Kontra Manfaat Susu Kedelai Untuk Ibu Hamil
  2. Kebutuhan Gizi Serta Nutrisi Ibu Hamil
  3. Nutrisi Susu Ibu Hamil Sangat Diperlukan
  4. Beberapa Yang Dijadikan Pantangan Ibu Hamil
  5. Apa yang Harus Dilakukan Calon Ibu pada Kehamilan Trimester Pertama?
  6. Menjaga Kesehatan Ibu Hamil Kurangi Risiko Berbahaya

Cara Cepat Hamil

{ 4 comments… read them below or add one }

Leave a Comment