Proses Melahirkan Normal dan Istilah Pembukaan

by syakur on May 6, 2012

pembukaan dalam proses melahirkan normal Proses melahirkan normal akan terjadi ketika usia kandungan sudah mencapai kurang lebih 9 bulan 10 hari. Persalinan ini berarti dilakukan tanpa melalui operasi yang kita kenal dengan istilah medis bedah caesar. Pada kelahiran normal, bayi akan keluar berdasarkan tanggal yang sudah diperhitungkan sejak awal kehamilan. Kita tahu bahwa kelahiran normal biasanya diartikan sebagai kelahiran spontan dimana bayi keluar melewati liang vagina. Ada beberapa proses dalam persalinan yang harus dilalui para ibu. Dalam proses persalinan normal seringkali dokter atau suster mengatakan “pembukaan 8, pembukaan 10”. Tetapi tidak semua orang benar benar memahami istilah kata pembukaan dalam proses persalinan ini.

Proses Melahirkan Normal dan Fasenya

Secara umum proses melahirkan normal terdiri dari tiga fase adanya kontraksi, tahap pembukaan,dan yang terakhir adalah tahap pengeluaran bayi. Setelah kontraksi yang terjadi adalah Mulut rahim yang semula hanya membuka sedikit akan melunak dan terbuka semakin lebar.Mulut rahim akan terlihat semakin datar kemudian menyatu pada rahim bagian bawah. Saat inilah pembukaan lengkap terjadi

Proses Melahirkan Normal dan Pembukaan Mulut Rahim

Proses melahirkan normal selalu dibarengi dengan proses Pembukaan mulut rahim yang dihitung dengan satuan sentimeter (cm). Maka saat dokter berkata pembukaan 8 itu berarti mulut rahim anda terbuka sebesar 8cm. Dan itu berarti jalan lahir anak anda adalah sepanjang 8 cm. Dan pembukaan dikatakan lengkap ketika sudah mencapai 10 cm. Bila sudah mencapai pembukaan 10cm berarti mulut rahim sudah menyatu pada rahim bagian bawah.

Pada tahap ini bayi sudah memiliki jalan yang cukup untuk keluar dari mulut rahim ke liang vagina. Maka dikatakan pembukaan lengkap atau juga pembukaan sempurna. Lama waktu pembukaan awal sampai dengan pembukaan sempurna amat bervariasi. Biasanya untuk kelahiran yang pertama kali lebih lama dibanding mereka dengan kelahiran yang kedua kali dan bukan yang pertama kali. Setelah tahap ini maka siap menuju tahap kedua, yaitu kelahiran bayi. Itulah yang dimaksud pembukaan pada proses melahirkan normal.

Related Posts

  1. Proses Melahirkan Normal Menggunakan Suntikan Epidural
  2. Melahirkan Normal dan Cara Mengatasai Ketakutan
  3. Kiat Sederhana Untuk Perawatan Setelah Melahirkan
  4. Mengkaji Informasi Seputar Melahirkan Caesar
  5. Persalinan Dan Penjelesan yang Sederhana
  6. Tahapan Persalinan Kala I dan Kala II

Cara Cepat Hamil

{ 7 comments… read them below or add one }

Leave a Comment