Buah Merah

by syakur on May 4, 2012

buah merah Buah merah adalah sejenis tanaman buah kaya mafaat yang berasal dari tanah Papua. Buah merah biasa disebut dengan nama kuansu oleh masyarakat Wamena. Buah merah memiliki nama ilmiah Pandanus Conoideus Lam karena buah ini merupakan kelompok tanaman pandan-pandanan dan pohon yang mirip dengan pandan. Buah merah dapat tumbuh setinggi 16 meter dengan batang bebas yang dapat tumbuh setinggi 5 sampai 6 meter. Buah merah telah banyak dimanfaatkan oleh masyarakat setempat sebagai makanan ataupun sebagai bahan obat. Buah merah banyak ditemukan di MAnokwari, Jayapura, Nabire dan Wamena.

Buah merah saat ini menjadi sangat popular setelah khasiat dan manfaatnya telah banyak diketahui mampu mengobati berbagai macam penyakit. Kepopuleran buah merah menyebar dengan sagat cepat, bahkan di beberapa tepat ramuan herbal yang dibuat dengan buah merah dijual dengan sangat mahal. Beberapa produk yang dihasilkan dari buah merah adalah minyak buah merah dan sari buah merah. Saat ini pembudidayaan buah merah juga telah dilakukan dibeberapa tempat diluar daerah asalnya, Papua.

Manfaat Buah Merah Sebagai Tanaman Obat

Buah merah telah banyak diketahui mampu mengobati beberapa penyakit, bahkan menurut beberapa ahli buah merah juga mampu mengobati beberapa penyakit berat antara lain AIDS yang sampai saat ini belum ditemukan obatnya. Berikut ini adalah beberapa jenis penyakit yang mampu diobati menggunakan buah merah.

AIDS

Meskipun sampai saat ini belum ada pernyataan secara resmi bahwa buah merah adalah obat bagi penyakit AIDS, tetapi secara empiris telah banyak dibuktikan oleh masyarakat Papuan bahwa buah merah mampu melawan virus penyebab penyakit HIV/AIDS. Kandungan tokoferol dan betakaroten yang sangat tinggi pada buah merah sebagai antioksidan mampu meningkatkan kekebalan tubuh yng telah dirusak oleh virus HIV/AIDS.

Kanker dan Tumor

Buah merah merupakan obat ampuh bagi penyakit kanker dan tumor. Kandungan tokoferolnya yang mencapai 11.000 ppm dan betakaroten yang mencapai 7000 ppm mampu menghambat pertumbuhan sel kanker secara signifikan.

Stroke dan Darah Tinggi

Penyakit stroke disebabkan oleh darah yang membeku dan penyempitan pembuluh darah yang salah satunya disebabkan oleh tekanan darah tinggi. Kandungan tokoferol pada buah merah mampu membantu mengencerkan darah, sehingga mampu mencegah terjadinya pembekuan darah penyebab penyakit stroke.

Selain beberapa penyakit berat diatas, buah merah juga memiliki manfaat untuk mengobati asam urat, kencing manis, gangguan mata, meningkatkan kecerdasan serta berbagai manfata lainya.

Related Posts

  1. Khasiat Bawang Merah Untuk Berbagai Penyakit
  2. Khasiat Daun Sirih Merah Bagi Kesehatan Dan Kecantikan
  3. Manfaat Jahe Merah
  4. Hebatnya Manfaat Buah Naga
  5. Manfaat Beras Merah untuk Kesehatan Kita
  6. Khasiat Buah Manggis Untuk Untuk Pengobatan Alami

Cara Cepat Hamil

{ 3 comments… read them below or add one }

Leave a Comment