Anggur

by syakur on May 1, 2012

buah anggur Anggur adalah sejenis tanaman perdu merambat yang termasuk dalam keluarga vitaceae. Anggur dikenal sebagai salah satu buah mewah. Ada berbagai jenis anggur di seluruh dunia ini, setiap daerah memiliki jenis anggur yang berbeda yang dipengaruhi oleh lingkungan dan banyak hal lainya. Buah anggur bisa dimanfaatkan untuk berbagai macam keperluan, misalnya sebagai bahan pembuat minuman, selai, jelly dan berbagai macam variasi makanan olahan lainya.

Anggur merupakan buah mungil nan cantik yang memiliki rasa dan aroma yang khas. Selain nikmat untuk dikonsumsi langsung mapun sebagai bahan makanan ternyata anggur memiliki kandungan nutrisi yang sangat melimpah. Tak salah nampaknya jika buah anggur menjadi primadona sebagai salah satu buah lambang kemewahan. Buah anggur ternyata banyak mengandung manfaat bagi kesehatan dan mampu memenuhi kebutuhan beberapa nutrisi bagi tubuh.

Kandungan Nutrisi Buah Anggur

Tahukah anda jika anggur ternyata memiliki kandungan senyawa polifenol dan resveratol yang memiliki peran sentral dalam berbagai proses metabolism tubuh? Kandungan kedua senyawa tersebut juga mampu melawan serta mencegah sel-sel penyebab penyakit kanker. Aktivtas ini juga tak lepas dari peran senyawa metabolit yang terdapat pada buah anggur yang juga merupakan antioksidan yang sangat bermanfaat dalam menangkal radikal bebas.

Buah anggur juga merupakan sumber vitamin yang sangat baik. Buah anggur mengandung vitamin A, vitamin C dan vitamin B6 dalam jumlah yang cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin tersebut setiap harinya. Buah anggur jua memiliki kandungan berbagai jenis mineral, antara lain adalah kalsium, potassium, iron, folat, phosphor, magnesium dan selenium. Berbagai mineral tersebut bisa anda dapatkan ketika anda mengkonsumsi buah anggur.

Buah Anggur Dalam Sejarah

Buah anggur ternyata telah dibudidayakan sejak 4000 tahun sebeum masehi di timur tengah, tetapi pemanfaatan buah anggur sebagai bahan minunman baru dilakukan pada 2500 tahun sebelum masehi oleh bangsa Mesir. Dalam waktu singkat, proses pengolahan anggur menjadi minuman ini telah tersebar ke beberapa wilayah di dunia ini. Maraknya ekspedisi yang dilakukan oleh bangsa-bangsa di Eropa juga mempengaruhi penyebaranya di seluruh dunia.

Related Posts

  1. Buah Kiwi
  2. Rambutan
  3. Jambu Biji
  4. Alpukat
  5. Yang Perlu Anda Tahu Tentang Buah Labu
  6. Buah Apel

Cara Cepat Hamil

{ 5 comments… read them below or add one }

Leave a Comment