Manggis

by syakur on April 30, 2012

buah manggis Buah manggis atau yang memiliki nama latin Garcinia mangostana adalah buah yang memiliki rasa yang nikmat dan juga berkhasiat. Buah manggis mungkin tidak bisa kita temukan dengan mudah di toko-toko buah jika dibandingkan dengan buah jeruk ataupun apel. Buah manggis memiliki daging berwarna putih dan kulit berwarna merah keunguan ketika matang. Buah manggis memiliki tekstur yang agak kenyal dan memiliki rasa manis agak sedikit asam. Buah manggis adalah sejenis tanaman hijau abadi yang berasal dari kepulauan nusantara. Pohon manggis dapat tumbuh antara 7 sampai dengan 25 meter. Manggis merupakan salah satu buah yang digemari oleh masyarakat kita selain karena rasa buahnya yang enak adalah karena khasiat dan manfaatnya bagi kesehatan.

Dalam perdagangan, buah manggis sering disebut sebagai “ratu buah” sebagai pasangan dari buah durian yang memiliki julukan “raja buah”. Buah manggis saat ini terkenal diseluruh penjuru dunia karena memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan serta mampun untuk mencegah serta mengobati aneka ragam penyakit yang kadang sulit diobati dengan berbagai pengobatan modern.

Kandungan Buah Manggis

Buah manggis sangat popular di luar negeri sebagai buah yang memiliki kadar antioksidan paling tinggi jika dibandingkan dengan buah lainya. Buah manggis mengandung xanthone yang mempunyai manfaat sebagai antiinflamasi dan juga antioksidan. Mungkin kita tidak akan mau jika disuruh mengkonsumsi kulit manggis yang memiliki rasa tidak enak, tetapi tahukah anda bahwa kulit manggis memiliki manfaat yang luar biasa?

Kulit buah manggis ternyata mengandung senyawa antioksidan yang sangat tinggi yang sangat bermanfaat untuk menangkal radikal bebas. Menurut beberapa penelitian yang dilakukan, senyawa ini berfungsi sebagai antidiabetes, anti fungi, anti bakteri, anti peradangan, anti kanker, anti plasmodial serta dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Senyawa xanthone dalam buah manggis juga bermanfaat untuk menghambat penuaan pada sel-sel tubuh, sehingga dapat mempertahankan kecantikan dan keremajaan kulit. Yang lebih mengejutkan lagi ternyata ekstrak kulit manggis memiliki sifat apopotosis sehingga bermanfaat untuk menghancurkan sel-sel kanker.

Related Posts

  1. Khasiat Buah Manggis Untuk Untuk Pengobatan Alami
  2. Pengobatan Alternatif Kanker Payudara
  3. Acay Berry
  4. Mengenal Manfaat Buah Noni / Mengkudu
  5. Yang Perlu Anda Tahu Tentang Buah Labu
  6. Manfaat Tomat Untuk Kesehatan

Cara Cepat Hamil

{ 6 comments… read them below or add one }

Leave a Comment