Jeruk

by syakur on April 24, 2012

buah jeruk Siapa yang tidak kenal dengan jeruk? Hampir seluruh orang yang membaca artikel ini pernah merasakan nikmatnya buah jeruk. Buah jeruk adalah salah satu buah paling popular di Negara kita ini. Buah jeruk identik dengan vitamin C, semua itu karena buah jeruk mengandung kadar vitamin C yang cukup tinggi. Buah jeruk adalah tanaman berbunga dan berbuah anggota marga citrus dari suku rutaceae. Jeruk memiliki varian jenis yang sangat beragam, mulai jeruk nipis, jeruk bali, jeruk keprok, jeruk sitrun dan berbagai macam jenis jeruk lainya. Persebaran buah jeruk pada awalnya dimulai di Asia Timur dan Asia tenggara dan setiap ilayah memiliki karakteristik jeruk yang berbeda. Jeruk nipis, jeruk bali dan jeruk purut berasal dari Asia Tenggara sedangkan jeruk manis dan jeruk lemon berasal dari Asia Timur.

Buah jeruk kaya akan vitamin dan berbagai kandungan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, maka dari itu buah jeruk menjadi salah satu buah populer yang sering dikonsumsi oleh orang yang sedang sakit. Buah jeruk adalah cemilan sehat yang sangat baik untuk dikonsumsi secara rutin. Selain itu buah jeruk juga sering digunakan dalam pembuatan berbagai macam jenis makanan serta minuman. Buah jeruk terdiri atas dua kategori, yang pertama adalah buah jeruk manis dan yang kedua adalah buah jeruk pahit. Buah jeruk yang memiliki tekstur kulit halus dan agak berat biasanya memiliki kandungan air yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan buah jeruk yang memiliki tekstur kulit sperti spons dan memiliki massa yang lebih ringan.

Manfaat Buah jeruk

Buah jeruk adlah sumber vitamin C yang sangat baik. Satu buah jeruk saja sudah dapat memasok 116% kebutuhan vitamin C dalam satu hari. Vitamin C sangat bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, vitamin C juga bermanfaat untuk mengurangi resiko terkena kanker usus besar. Buah jeruk juga memiliki manfaat untuk menangkal radikal bebas yang sangat berbahaya bagi tubuh.

Buah jeruk kaya akan antioksidan serta vitamin B6 yang mendukung produksi hemoglobin serta menjaga tekanan darah agar tetap normal. Antioksidan pada buah jeruk juga sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit serta mampu menjaga keremajaan kulit meski anda telah berusia lebih dari 40 tahun. Selain buahnya, kulit buah jeruk juga mengandung senyawa yang disebut dengan Polymethoxylated flavon (PMFs) dan berfungsi untuk menurunkan kolesterol tanpa efek samping.

Related Posts

  1. Mengenal Manfaat Jeruk – Tak Hanya Mengandung Vitamin C
  2. Manfaat Jeruk Nipis
  3. Jambu Biji
  4. Rambutan
  5. Yang Perlu Anda Tahu Tentang Buah Labu
  6. Buah Cempedak Lebih Beraroma Daripada Nangka

Cara Cepat Hamil

{ 6 comments… read them below or add one }

Leave a Comment