Kalium

by syakur on April 16, 2012

Pisang sumber kalium Kalium adalah salah satu mineral yang sangat penting bagi manusia. Kalium digunakan untuk membantu kinerja otot dan syaraf pada tubuh manusia agar bekerja dengan baik. Kalium juga sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menyimpan gula dalam bentuk glikogen. Kalium juga merupakan elektrolit, yaitu mineral yang mampu menghasilkan listrik dalam tubuh yang dilakukan secara bersama dengan beberapa mineral penting lainya seperti kalsium, klorida, magnesium dan natrium.

Manfaat Kalium

Kalium sering juga disebut sebagai potassium. Kalium bersama dengan sodium dan klorida berfungsi untuk mengontrol kadar air di dalam tubuh. Menurut penelitian para ahli, manfaat kalium yang lain adalah untuk mencegah penyakit tekanan darah tinggi jika berada dalam jumlah yang sesuai di dalam tubuh. Kalium sangat penting dan dibutuhkan untuk menunjang kinerja jantung serta memiliki perrang penting dalam kontraksi otot rangka dan otot halus.

Memiliki terlalu banyak kalium dalam tubuh disebut dengan Hiperkalemia dan jika terlalu sedikit memiliki kadar kalium dalam tubh disebut juga hipokalemia. Baik hiperkalemia maupun hipokalimia semuanya memiliki efek bagi tubuh kita. Untuk menjaga keseimbangan jumlah kalium dalam tubuh, hal itu ditentukan pada jumlah natrium dan magnesium yang terdapat pada darah. Jika terlalu banyak natrium dalam darah, maka akan meningkatkan kebutuhan akan kalium. Diare, muntah serta berkeringat dalam jumlah banyak juga meningkatkan kebutuhan kalium bagi tubuh. Menurut penelitan para ahli yang melakukan studi mengenai hubungan kalium dengan kesehatan tulang , mereka menyatakan bahwa ada hubungan positif antara makanan yang mengandung kadar kalium tinggi dengan kesehatan tulang. Tetapi tentu saja diperlukan studi lebih mendalam untuk memastikan hal ini.

Makanan Sumber Kalium

Sumber kalium paling besar diperoleh dari buah-buahan, sayuran serta daging merah. Untuk jenis sayuran kentang, bayam dan tomat merupakan sumber kalium yang sangat baik. Sedangkan untuk buah-buahan pisang adalah salah satu buah yang memiliki kadar kalium tinggi. Menurut standar kebutuhan nutrisi bagi tubuh, telah ditetapkan bahwa kebutuhan kalium per hari adalah 3500 mg baik bagi wanita maupun pria.

Related Posts

  1. Sekilas Tentang Manfaat Buah Semangka
  2. Makanan Yang Mengandung Asam Folat Untuk Pembentukan Sel-Sel Baru
  3. Zat Besi
  4. Manfaat Buah Sawo
  5. Jeruk
  6. Makanan Yang Mengandung Zat Besi: Penting Untuk Pertumbuhan

Cara Cepat Hamil

{ 12 comments… read them below or add one }

Leave a Comment