Pentingnya Pemeriksaan Kehamilan

by syakur on April 12, 2012

usg pemeriksaan kehamilan Pemeriksaan kehamilan atau yang dalam bahasa medisnya disebut dengan Ante Natal Care (ANC) sangat disarankan bagi ibu hamil, hal ini agar kesehatan ibu dan janin didalam kandungan bisa selalu terpantau. Pemeriksaan kehamilan sebaiknya dilakukan secara rutin sehingga dokter ataupun bidan bisa melakukan tindakan tepat jika terjai sesuatu hal yang tidak diinginkan.

Mengapa pemeriksaan kehamilan dini sangat penting bagi ibu hamil? Mungkin ini adalah pertanyaan yang muncul di benak anda ketika anda membaca artikel ini. Pemeriksaan kehamilan adalah proses pemeriksaan yang dilakukan dari mulai pertama masa kehamilan sampai saat proses persalinan. Untuk mengawasi dan memonitor kesehatan ibu dan bayi sehingga semuanya berjalan lancer seperti yang diharapkan.

Manfaat Pemeriksaan Kehamilan

Berikut ini alasan alasan betapa pentingnya pemeriksaan kehamilan

  • Untuk mmpertahankan kondisi fisik dan mental dari ibu hamil. Seperti kita tahu bahwa seorang wanita yang sedang menjalani masa kehamilan kondisi fisik dan mentalnya sangat tidak stabil. Hal ini tentu saja berpengaruh terhadap kesehatan ibu dan bayi. Pemeriksaan kehamilan bermanfaat untuk memonitor keadaan ibu dan bayi sehingga jika terjadi suatu masalah segera bisa di tangani.
  • Untuk memantau kondisi ibu dan bayi supaya proses persalinanya berjalan lancar.
  • Untuk mengetahui asupan gizi yang dibutuhkan oleh bayi agar semua kebutuhan nutrisinya bisa tercukupi.
  • Untuk mendeteksi berbagai masalah yang berkaitan dengan masa kehamilan yang sering muncul selama masa kehamilan. Berbagai pernyakit tersebut antara lain : Hipertensi, Diabetes, Anemia, Kehamilan anggur, Plasenta previa, Infeksi dalam kehamilan dan berbagai masalah lainya.

Apa Saja Yang Diperiksa Selama Proses Pemeriksaan kehamilan?

Pemeriksaan kehamilan dibagi menjadi beberapa tahap. Pemeriksaan kehamilan dini dilakukan ketika usia kandungan antara 0 sampai 3 bulan. Pada pemeriksaan tahap pertama ini beberapa hal yang akan diperiksa adalah : daftar riwayat hidup, Usia kehamilan, Pemeriksaan isik secara umum, Pemeriksaan dalam dan Pemeriksaan laboratorium.

Pemeriksaan kehamilan tahap kedua dilakukan ketika usia kehamilan antara 4 sampai 6 bulan. Pada pemeriksaan tahap kedua ini beberapa hal yang akan diperiksa adalah : Anamnesa, Pemeriksaan fisik, Pemeriksaan laboratorium dan pemeriksaan ultrasonografi (USG).

Pemeriksaan kehamilan tahap ketiga ini dilakukan pada saat kehamilan memasuki usia 32 minggu. Beberapa hal yang dilakukan pada pemeriksaan tahap ketiga ini adalah: Anamnesa, Pemeriksaan Fisik, Pemeriksaan laboratorium.

Related Posts

  1. Tips Persiapan Kehamilan
  2. Manfaat Senam Hamil Untuk Kelancaran Proses Kehamilan
  3. Tips untuk Ibu di Kehamilan Trimester Kedua
  4. Tips untuk Menghadapi Kehamilan Lewat Bulan
  5. Kehamilan 9 Bulan – Fokus Pada Berat Badan Janin
  6. Mempersiapkan Kelahiran pada Kehamilan Trimester Ketiga

Cara Cepat Hamil

{ 3 comments… read them below or add one }

Leave a Comment