Manfaat Daun Sukun Bagi Kesehatan

manfaat daun sukun Tahukah Anda jika ternyata manfaat daun sukun sangat banyak bagi ksehatan maupun pengobatan? Tidak banyak yang tahu jika daun sukun ternyata juga memiliki manfaat bagi kesehatan. Daun sukun dapat dengan mudah tumbuh pada Negara beriklim tropis sepeerti di negeri kita ini. Buah sukun berwarna putih dan tidak memiliki biji, ketika dimasak daging buah sukun menjadi sangat lunak dan berserat.

Manfaat daun sukun belum banyak diketahui oleh khalayak, sebagian masyarakat kita hanya mengetahui manfaat dari buah sukun. Daun sukun yang memiliki bentuk lebar dan terlihat keras ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Daun sukun bila dikonsumsi secara rutin mampu menyembuhkan berbagai jenis penyakit seperti ginjal, asam urat serta mampu menurunkan kadar gula dalam darah.

Manfaat Daun Sukun Untuk Pengobatan

Daun sukun sangat efektif untuk mengobati beberapa penyakit kronis seperti penyakit liver, hepatitis, sakit gigi, gatal-gatal, pembesaran limpa dan penyakit jantung. MAnfaat daun sukun dalam mengobati berbagai macam penyakit tersebut dikarenakan daun sukun mengandung beberapa unsur seperti asam hidrosianat, asetilcolin, ribofavlin, tannin da beberapa senyawa lainya. Secara empiris daun sukun juga bermanfaat untuk mengatasi kerusakan ginjal. Melalui penelitian yang dilakukan oleh LIPI dan peneliti asal Cina disimpulkan bahwa daun sukun sangat berguna untuk mengobati penyakit kardiovaskuler.

Untuk mengobati penyakit ginjal, daun sukun cukup direbus kemudian diminum airnya setiap hari secara rutin. Memang hal ini butuh kedisiplinan dan ketelatenan karena harus dilakukan secara rutin dan dalam jangka panjang. Untuk mengobati penyakit jantung, anda sebaiknya memilih daun sukun yang sudah berumur tua karena daun sukun yang telah berumur tua memiliki kandungan zat yang maksimal.

Satu hal yang paling penting sebelum anda mengkonsumsi daun sukun. Jika anda sedang mengkonsumsi daun sukun sebagai salah satu terapi pengobatan sebaiknya anda menghindari mengkonsumsi daun singkon, daun bayam dan daun kangkung. Anda juga harus menghindari mengkonsumsi jeroan dan daging merah karena akan membuat darah menjadi kental sehingga dapat menimbulkan kram pada otot.

15 Responses

  1. Titie 3 years ago
    • Sintha 5 months ago
    • cheap life insurance 5 months ago

Add Comment