Khasiat Bawang Merah Untuk Berbagai Penyakit

by syakur on March 26, 2012

khasiat bawang merah Khasiat bawang merah sejak lama telah diketahui oleh masyarakat. Bawang merah yang memiliki nama latin Allium cepa L adalah sejenis tanaman yang diguakan sebagai bmbu dalam berbagai jenis masakan Asia ataupun masakan Nusantara. Bawang merah atau yang lebih dikenal dengan nama brambang dalam bahasa jawa ini adalah sejenis tanaman yang hidup pada dataran rendah sampai dengan ketinggian 1500 m dpl. Bagian tanaman yang paling banyak dimanfaatkan adalah bagian umbinya. Bawang merah biasanya diolah dengan menghaluskanya kemudian mencampurnya kedalam masakan atau bisa juga dipotong kemudian digoreng.

Khasiat bawang merah sejak lama telah digunakan sebagai pengobatan tradisional untuk mengobati berbagai macam penyakit seperti untuk mengobati cacingan, wasir serta untuk menghilangkan mata ikan pada kaki. Selain itu bawang merah juga biasanya digunakan untuk mengolesi tubuh bayi ketika masuk angin ataupun demam. Khasiat bawang merah telah banyak dibuktikan secara empiris, meskipun sebagian besar orang belum mengetahui kandungan dari bawang merah yang membuatnya mampu digunakan sebagai tanaman obat.

Khasiat Bawang Merah Untuk Kesehatan

Bawang merah ternyata bisa digunakan untuk mengobati berbagai penyakit kronis seperti diabetes militus, wasir, pembunuh bakteri dan anti radang, mencegah TBC dan menyembuhkan radang paru-paru. Khasiat bawang merah juga telah dibuktikan melalui uji klinis maupu cek laboratorium mengenai kandungan yang dimiliki oleh bawang merah. Manfaat bawang merah yang selama ini dikenal hanya sebagai bumbu masakan ternyata memiliki manfaat lain yang luar biasa dalam bidang pengobatan. Bawang merah atau yang lebih dikenal degan brambang juga efektif untuk mengencerkan dahak yang menyebabkan batuk.

Kandungan Bawang Merah

Manfaat bawang merah yang sangat banyak bagi kesehatan ataupun pengobatan disebabkan karena bawang merah memiliki kandungan senyawa seperti Minyak atsiri, sikloaliin, metilaliin, dihidroaliin, flavonglikosida, kuersetin, saponin, peptide, fitohormon, vitamin, zat pati. Saponin adalah salah satu zat yang berfungsi untuk mengencerkan dahak ketika anda batuk. Sedangkan peptida berfungsi menurunkan kadar gula dalam darah. Kadungan minyak atsiri pada bawang merah berfungsi untuk melancarkan perderan darah dan berbagai manfaat lainya.

Related Posts

  1. Tahukah Anda Manfaat Bawang Merah ?
  2. Khasiat Daun Sirih Merah Bagi Kesehatan Dan Kecantikan
  3. Manfaat Habbatussauda Sebagai Obat Untuk Berbagai Macam Penyakit
  4. Khasiat Buah Manggis Untuk Untuk Pengobatan Alami
  5. Betapa Istimewanya Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan
  6. Manfaat Beras Merah untuk Kesehatan Kita

Cara Cepat Hamil

{ 8 comments… read them below or add one }

Leave a Comment