Khasiat Daun Sirih Merah Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

by syakur on March 22, 2012

khasiat daun sirih merah Khasiat daun sirih merah telah dikenal untuk mengobati berbagai macam jenis penyakit. Indonesia memang kaya dengan berbagai tanaman herbal yang sangat bermanfaat baik untuk pengobatan, kecantikan dan berbagai macam kegunaan lainya. Manfaat sirih merah telah banyak digunakan oleh dunia medis untuk mengatasi berbagai masalah yang berkaitan dengan bau badan, bau mulut sampai pengobatan ambien.

Sirih merah adalah tumbuhan yang merambat dan hampir mirip dengan tanaman sirih biasa, yang membedakanya hanyalah pada warna daunya. Sirih merah banyak ditanam sebagai tanaman hias maupun untuk digunakan sebagai tanaman obat. Tanaman sirih merah masih memiliki kerabat dengan tanaman lada. Sirih merah adalah tanaman yang berasal dari Sulawesi. Nama latin dari tanaman ini adalah Piper Ornatum.

Khasiat Daun Sirih Merah Bagi Kesehatan

Khasiat daun sirih merah telah dimanfaatkan sejak lama oleh masyarakat Indonesia. Dalam tradisi pengobatan jawa, daun sirih merah telah banyak digunakan untuk mengatasi berbagai macam gangguan kesehatan antara lain bau mulut, keputihan dan Ambien. Kandungan Alkoloid pada tanaman sirih merah berfungsi sebagai antimikroba. Tidak hanya masyarakat jawa saja yang menggunakan daun sirih merah sebagai tanaman obat, manfaat sirih merah juga banyak digunakan untuk pengobatan tradisional yang berasal dari Cina. Pada pengobatan Cina sirih merah digunakan untuk menghentikan batuk atau meringankan gejala batuk, meluruhkan kentut, menghilangkan gatal dan mengurangi peradangan.

Kandungan Sirih Merah Yang Bermanfaat Bagi Kesehatan

Apakah kandungan dari sirih merah sehingga bisa digunakan sebagai tanaman obat? Dalam daun sirih merah terdapat senyawa fito-kimia yang mengandung alkaloid, tannin, saponin dan flavonoid. Khasiat daun sirih merah yang lainya adalah untuk megobati berbagai jenis penyakit seperti diabetes militus, batu ginjal, hepatitis, mencegah stroke, asam urat, radang lier, kanker, hipertensi, keputihan, maag , nyeri sendi dan untuk peraatan kulit.

Manfaat sirih merah yang luar biasa ini menjadikan daun sirih merah banyak digunakan sebagai campuran dalam pembuatan obat-obatan herbal. Anda bisa merasakan khasiat daun sirih merah dengan membuat merebus 3-5 lembar daun sirih merah dengan 2 gelas air dan meminumnya secara rutin.

Related Posts

  1. Khasiat Daun Binahong Bagi Kesehatan yang Belum Banyak Terungkap
  2. Sejuta Manfaat Daun Sirih dalam Selembarnya
  3. Khasiat Bawang Merah Untuk Berbagai Penyakit
  4. Manfaat Daun Sukun Bagi Kesehatan
  5. Bayam Merah Berguna Dari Daun Hingga Akarnya
  6. Khasiat Daun Sukun

Cara Cepat Hamil

{ 17 comments… read them below or add one }

Leave a Comment