Rangkuman Manfaat Lengkuas Bagi Kesehatan

by syakur on March 16, 2012

manfaat lengkuas Lengkuas atau yang dalam bahasa Jawa disebut dengan Laos adalah salah satu tanaman umbi-umbian yang memiliki manfaat sebagai tanaman obat. Lengkuas banyak tumbuh di dataran tinggi maupun dataran rendah. Manfaat lengkuas telah banyak digunakan oleh masyarakat kita sebagai bumbu masakan maupun sebagai bahan pembuatan obat tradisional atau lebih sering disebut dengan Jamu. Khasiat lengkuas telah dimanfaatkan oleh leluhur sebagai obat yang mujarab untuk beberapa jenis penyakit.

Tanaman lengkuas terdiri atas susunan pelepah daun. Daun dari lengkuas berbentuk bulat dan pada bagian bawah hanya berupa pelepah saja dan bagian atas lengkap dengan daun. Lengkuas ada yang memiliki rimpang berwarna putih dan rimpang berwarna merah. Lengkuas dengan rimpang berwarna putih banyak digunakan sebagai bumbu untuk masakan dan manfaat lengkuas sebagai tanaman obat lebih banyak ditemukan dari lengkuas yang berimpang merah.

Manfaat dan Khasiat Lengkuas

Kandungan dan manfaat lengkuas antara lain adalah mengandung minyak atsiri yang dapat digunakan sebagai anti-bakteri, menghangatkan tubuh, membersihkan darah, mempermudah pengeluaran angin dari dalam tubuh, merangsang otot dan mengencerkan dahak. Beberapa khasiat lengkuas telah banyak dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan obat gosok atau jamu gosok.

Jika anda ingin menggunakan lengkuas utuk menjaga stamina dan kesehatan, anda bisa membuat ramuan dengan bahan-bahan sebagai berikut. Siapkan lengkuas, buah mengkudu, kedaung, bawang putih, merica, asam jawa, gula jawa dan garam. Setelah itu pisahkan bahan-bahan diatas menjadi dua kelompok, kelompok pertama adalah lengkuas dan mengkudu da kelompok kedua adalah bahan lainya. Lengkuas dan mengkudu dihaluskan kemudian disisihkan, setelah itu haluskan bawang putih, merica dan biji kedaung kemudian disangrai. Campurkan semua bahan dan dimasak sampai mendidih. Saring ramuan ini kemudian anda minum 3 kali sehari. Khasiat lengkuas akan bisa anda rasakan jika anda rutin mengkonsumsi ramuan ini.

Manfaat lengkuas telah banyak digunakan oleh industri farmasi sebagai bahan pembuatan obat modern. Khasiat lengkuas bisa dibuktikan secara medis melalui tes laboratorium dan tidak mengandung senyawa atau unsur yang berbahaya bagi manusia. Sehingga aman dikonsumsi oleh semua anggota keluarga.

Related Posts

  1. Betapa Istimewanya Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan
  2. Khasiat Daun Binahong Bagi Kesehatan yang Belum Banyak Terungkap
  3. Khasiat Daun Sirih Merah Bagi Kesehatan Dan Kecantikan
  4. Manfaat Belut Bagi Kesehatan
  5. Manfaat Kunyit Tak Hanya Sebagai Bumbu Dapur!
  6. Manfaat Kencur: Obat Tradisional, Obat Modern, Bahan Kosmetik

Cara Cepat Hamil

{ 11 comments… read them below or add one }

Leave a Comment