Wanita Dan Potensi Masalah Anemia

by syakur on September 29, 2011

anemia Kaum wanita biasanya sangat rentan akan adanya anemia, hal itu dapat dikatakan sebagai suatu penyakit ringan namun dapat berpotensi pada penurunan sistem imun setiap wanita yang mengalaminya. Anemia memang sering dialami oleh hampir sebagian wanita di dunia ini. Penyakit anemia sebenarnya dapat diatasi cepat sehingga bagi sipenderita tidak merasakan hal yang berlarut-larut. Untuk mengenal anemia kita dapat mengetahuinya secara jelas dengan beberapa indikasi seperti di bawah ini.

Anemia adalah suatu penyakit dimana kondisi badan yang pada saat itu sedang mengalami kadar hemoglobin atau jumlah eritrosit dalam darah tidak normal atau rendah. Jadi kondisi inilah yang dapat menghambat sistem sirkulasi darah menjadi tidak lancar sebab kurangnya atau tidak stabilnya jumlah hemoglobin dapat mempengaruhi tubuh si penderita anemia.

Lebih Jauh Tentang Penyakit Anemia

Kata anemia memang tidak cukup termasyur dikalangan masyarakat, sebab istilah semacam ini biasanya hanya dikenal dalam istilah di dunia medis. Masyarakat sering mengenal penyakit ini dengan istilah “kurang darah”. Namun ada pula yang mengatakan anemia adalah sebagai suatu kondisi yang ditandai oleh tanda-tanda 5 L yaitu lelah, lemah, letih, lesu, lemas. Namun anemia sebenarnya sangat berbeda dengan istilah tekanan darah rendah, tekanan darah rendah adalah kemampuan otot jantung untuk memompa darah ke seluruh tubuh sehingga menyebabkan kurangnya aliran darah yang sampai ke otak dan bagian tubuh lainnya.

Tiga Jenis Utama Anemia

Mungkin yang kita ketahui penyakit anemia hanya sebatas suatu penyakit yang biasa saja seperti yang dialami oleh si penderita. Ternyata jika dilihat lagi secara dalam anemia terbagi atas tiga jenis berdasarkan ukuran sel darah merah seperti berikut :

1. Apabila dalam sel darah merah ukurannya lebih kecil dari ukuran biasanya maka anemia semacam ini disebut dengan microcytic anemia.

2. Apabila dalam sel darah merah yang masih dalam kondisi normal namun intesitas ukurannya jauh lebih rendah maka hal ini bisa disebut normocytic anemia.

3. Apabila sel darah merah memiliki intensitas jumlah yang lebih besar dari pada ukuran normal maka hal ini bisa disebut dengan macrocytic anemia.

Hal diatas tentu menjadi sebuah pengetahuan penting bagi kita untuk mengetahui apa yang dimaksud dengan penyakit anemia. Khususnya pada kaum wanita dan remaja putri yang sangat rentan akan kondisi semacam itu. Setiap wanita ataupun remaja putri yang mengalami anemia, sifatnya relatif maksudnya tidak akan sama antara satu orang dengan orang lain, sebab berdasarkan jenis anemia diatas telah disesuaikan dengan indeks penerima penyakit ini. Di usia yang sangat belia terkadang mereka (wanita) kurang memahami akan anemia, sebab mereka hanya berpendapat bahwa di usia yang masih muda belum tentu dapat mengalami hal tersebut.

Related Posts

  1. Penyebab Anemia Yang Umum Terjadi Pada Wanita
  2. Mengenali Gejala Anemia
  3. Bahaya Dan Pencegahan Anemia Pada Kehamilan
  4. Kesehatan Reproduksi Wanita Tentukan Kesejahteraan Wanita
  5. Menjaga Kesehatan Wanita
  6. Manfaat Protein Nabati bagi Tubuh

Cara Cepat Hamil

{ 2 comments… read them below or add one }

Leave a Comment