Karbohidrat, Zat Yang Sangat Penting Untuk Makhluk Hidup

by alisha on September 22, 2011

sumber karbohidrat Karbohidrat atau istilah kimianya ‘sakarida’ merupakan zat yang sangat penting untuk makhluk hidup. Zat ini digunakan oleh tubuh untuk bahan bakar, cadangan makanan, serta bahan/materi pembangun. Berdasarkan bentuk molekulnya, karbohidrat dapat dibagi menjadi 3 jenis, yaitu monosakarida, disakarida, polisakarida. Tumbuhan hijau juga memerlukan karbohidrat yang diperoleh dari karbon dioksida pada proses fotosintesis.

Meskipun begitu, sebagian orang ternyata mempunyai pantangan dalam mengonsumsi karbohidrat, terutama bagi mereka yang sedang melakukan diet atau menderita penyakit diabetes. Meskipun begitu, bukan berarti kita yang masih sehat juga harus ikut menghindari karbohidrat. Mengonsumsi karbohidrat tidak akan membahayakan kesehatan kita jika kita mengetahui cara memilih karbohidrat yang benar.

Tubuh kita memang perlu karbohidrat, bahkan beberapa jenis karbohidrat sangat baik untuk tubuh dan dapat menjadi pengontrol berat badan.

Bagaimana memilih sumber karbohidrat yang baik?

Lalu bagaimana cara memilih karbohidrat yang baik? Berikut ini kami berikan beberapa tips untuk memilih karbohidrat yang baik dan sehat bagi tubuh:

  1. Utamakanlah sumber karbohidrat dari makanan yang memiliki serat seperti buah dan sayuran.
  2. Perbanyaklah mengonsumsi karbohidrat dari biji-bijian.
  3. Anda juga dapat memperoleh karbohidrat dari kacang-kacangan termasuk kacang polong.
  4. Dapatkan karbohidrat dari susu rendah lemak.
  5. Sebaiknya Anda menghindari atau membatasi konsumsi terhadapt gula tambahan.

Asupan karbohidrat yang sehat dan baik selalu memperhatikan keseimbangan kebutuhan gula. Gula dalam tubuh digunakan untuk sumber energi, serat, dan membantu membersihkan saluran pencernaan. Untuk mendapatkan karbohidrat yang cukup bagi tubuh, Anda tidak harus mengonsumsi nasi, gandum, ataupun roti. Anda dapat mencari alternatif sumber asupan karbohidrat yang lebih sehat dengan mengonsumsi buah-buahan.

Keseimbangan karbohidrat sederhana dan kompleks dalam tubuh juga merupakan hal yang mutlak kita patuhi. Salah satunya tidak boleh berlebihan namun juga jangan sampai kekurangan. Tanda tanda jika tubuh kita kekurangan karbohidrat sederhana, tubuh akan terasa sangat lemas. Sedangkan jika kita mengalami kekurangan karbohidrat kompleks, pencernaan kita akan mudah terganggu seperti mudah terkena penyakit diare/mencret.

Maka, mulai sekarang perhatikan pilihan karbohidrat dalam makanan Anda. Kurangi asupan makanan yang mengandung gula tambahan dan usahakan untuk memperoleh sumber karbohidrat dari buah-buahan/sayuran.

Related Posts

  1. Makanan Yang Mengandung Zat Besi: Penting Untuk Pertumbuhan
  2. Asam Folat Sangat Penting Untuk Ibu Hamil
  3. Penuhi Energimu dengan Makanan yang Mengandung Karbohidrat
  4. Kebutuhan Gizi Sangat Penting Bagi Kesehatan Tubuh
  5. Manfaat Pare dibalik Rasanya yang Sangat Pahit
  6. Kecambah Sangat Berbaik Untuk Kesehatan Tubuh

Cara Cepat Hamil

{ 10 comments… read them below or add one }

Leave a Comment