Pro Kontra Manfaat Susu Kedelai Untuk Ibu Hamil

by syakur on August 20, 2011

Pro: Manfaat Susu Kedelai Untuk Ibu Hamil

pro kontra manfaat susu kedelai untuk ibu hamil Bagi sebagian Ibu Hamil yang sedang merasa “eneg” saat meminum susu sapi, mungkin Anda dapat mencoba untuk beralih ke susu kedelai. Manfaat susu kedelai untuk Ibu hamil ternyata tidak kalah dengan susu sapi lho!

Mungkin beberapa Ibu hamil takut bayi mereka akan kekurangan gizi jika mereka beralih mengonsumsi susu kedelai. Anda tidak perlu khawatir, karena berdasarkan berbagai penelitian yang dilakukan oleh para peneliti selama bertahun-tahun telah membuktikan bahwa manfaat susu kedelai bagi Ibu hamil sangat baik, karena dalam susu kedelai terdapat berbagai kandungan nutrisi yang diperlukan bagi ibu hamil.

Manfaat susu kedelai untuk ibu hamil tidak perlu diragukan lagi karena susu ini dapat menjadi alternatif bagi Ibu hamil yang memiliki alergi laktosa (lactose intolerant).

Berikut ini adalah beberapa manfaat susu kedelai untuk ibu hamil yang dapat diperoleh dari nutrisi yang ada di dalamnya:

  • Protein. Zat protein pada susu kedelai terusun atas: arginin, lisin, lesitin, glisin, leusin, niasin, isoleusin, triptofan, fenilalanin, treonin. Zat-zat tersebut sangat baik untuk pertumbuhan janin pada ibu hamil, diantaranya adalah untuk mengoptimalkan pertumbuhan organ pada janin, memperbaiki jaringan yang rusak, memelihara fungsi organ Ibu hamil, hingga memperkuat sistem imun.
  • Lemak Nabati. Manfaat lemak nabati bagi ibu hamil adalah untuk cadangan lemak bagi tubuh ibu hamil dan janin.
  • Asam Folat. Kandungan asam folat pada susu kedelai membuat manfaat susu kedelai untuk ibu hamil sangat berguna dalam peningkatan pertumbuhan sel syaraf janin, terutama pada kehamilan trisemester 1.
  • Karbohidrat. Zat ini sangat berguna untuk sumber energi ibu hamil dan melancarkan sistem pencernaan. Hal tersebut penting bagi ibu hamil, karena akan mempengaruhi perkembangan janin.

Selain beberapa zat diatas, manfaat susu kedelai untuk ibu hamil dapat diperoleh dari kandungan vitamin yang ada pada biji kedelai, seperti vitamin A, vitamin B, vitamin B1, dan vitamin E. Vitamin-vitamin tersebut bermanfaat untuk menjaga fungsi mata, pertumbuhan tulang janin, menghasilkan energi, hingga mencegah keguguran.

Setelah kita mengetahui berbagai manfaat susu kedelai untuk ibu hamil, Anda tidak perlu ragu lagi untuk mencoba variasi selain susu sapi. Susu kedelai merupakan pilihan bergizi yang layak untuk Anda pertimbangkan.

Kontra: Susu Kedelai dan Janin Laki Laki

Selain manfaat susu kedelai yang telah dikenal luas untuk ibu hamil, saat ini terdapat pula peneliti yang mencurigai adanya efek negatif dari salah satu zat dari kedelai bila seorang ibu mengandung janin laki laki. Dugaannya adalah salah satu zat yang ada dalam kedelai mengganggu perkembangan seksual janin laki laki tersebut ketika dewasa.

Penelitian yang menunjukkan hubungan Antara genistein (zat dalam kedelai) dan perkembangan sekual belum dilakukan pada manusia. penelitian baru dilakukan pada sebatas sekelompok tikus. Meskipun penelitian ini baru pada sekelompok tikus, tidak ada salahnya ini juga menjadi perhatian Anda kaum ibu.

Keputusan ada ditangan Anda untuk meningkatkan konsumsi kedelai (susu kedelai) saat hamil atau tidak. Jika saya seorang ibu yang sedang mengandung saya akan mengambil jalan yang lebih Aman.

Related Posts

  1. Nutrisi Susu Ibu Hamil Sangat Diperlukan
  2. Asam Folat Sangat Penting Untuk Ibu Hamil
  3. Kebutuhan Gizi Serta Nutrisi Ibu Hamil
  4. Makanan Ibu Hamil: Harus Bergizi dan Bervariasi
  5. Mitos Ibu Hamil Menjadi Kebiasaan Di Masyarakat
  6. Beberapa Yang Dijadikan Pantangan Ibu Hamil

Cara Cepat Hamil

{ 14 comments… read them below or add one }

Leave a Comment