Manfaat Tomat Untuk Kesehatan

by syakur on July 27, 2011

manfaat tomat Manfaat tomat – Siapa sih yang tidak mengenal tomat (Lycopersicon Esculentum) ?, Jenis sayur yang selalu tersedia di dapur. Tomat ini bermanfaat untuk memberikan cita rasa asam pada masakan. Tapi tahukan Anda dibalik memberikan cita rasa asam ini, Manfaat buah tomat bagi kesehatan masih sangat banyak.

Jajanan dan minuman cepat saji saat ini banyak ditemui di sekitar kita. Makanan kemasan tidak sedikit yang kita konsumsi.Namuk kita mulai untuk mempertanyakan kebiasaan makan kita tersebut. Kecenderungan orang orang untuk mulai mengenal hidup sehat patut kita hargai. Tomat yang olah dalam bentun minuman jus, saos tomat yang dibikin dari dapur Anda dapat menjadi salah satu alternatif untuk memulai hidup sehat, mengingat manfaat tomat yang banyak.

Sebelum membahas lebih lanjut tentang manfaat tomat ,akan lebih baik jika kita mengetahui kandungan gizi yang terkandung di dalam tomat. Dalam 100 gram tomat terdapat kandungan gizi sebagai berikut:

  • fosfor 27 gm
  • kalium 360 mg
  • besi 6 mg
  • kalsium 11 mg
  • vitamin C 23 mg
  • Thiamine 56 mg
  • Protein 1 gram
  • vitamin A 1000 UI
  • vitamin K

Manfaat tomat bagi kesehatan

Berikut ini manfaat tomat bagi kesehatan:

Manfaat buah tomat bagi kesehatan kulit

Tomat yang dikonsumsi rutin tiap hari mampu merawat kulit dari dalam tubuh. Tomat akan membantu mengatasi kerutan kerutan halus di wajah karena usia yang bertambah

Tomat juga dapat dipakai sebagai obat jerawat. Cara mengambil manfaat tomat untuk mengurangi jerawat adalah: masaklah tomat kemudian potonga menjadi bagian yang lebih kecil , lau perlahan lahan oleskan pada wajah, gunakan secara rutin selama sebulan.

Asam sitrat yang ada di dalam tomat dapat membuat kulit wajah lebih bersih dari kotoran dan juga lemak.

Tomat bermanfaat menurunkan resiko kanker prostat

Resiko kanker prostat akan menurun 21 – 43% hanya dengan mengkonsumsi tomat secara rutin 2 kali dalam seminggu.

Manfaat tomat bagi kesehatan mata

Tomat mengandung beta carotene yang tinggi. Beta caroten ini bermanfaat bagi kesehatan mata.

Manfaat tomat bagi pencernaan dan nafsu makan

Tomat termasuk kaya akan garam mineral. Garam garam mineral ini mampu merangsang keluarnya air liur. Air liur mengandung enzim enzim yang diperlukan bagi pencernaan. Mineral mineral dari tomat dapat meningkatkan nafsu makan sedangkan enzim enzim yang keluar dapat memperlancar pencernaan.

Manfaat buah tomat sebagai anti oksidan dan anti radang

Tomat mengandung tomatine yang bermanfaat sebagai anti radang , sedangkan kandungan karoten dan vitamin C dalam tomat bermanfaat sebagai anti oksidan yang akan melawan radikal bebas.

sebagai catatan bahwa tomat yang dimaksut disini adalah tomat yang kadang disebut masyarakat sebagai buah tomat ataupun tomat sayur.

Semoga artikel tentang manfaat tomat ini bermanfaat untuk Anda.

Related Posts

  1. Tomat
  2. Manfaat Mahkota Dewa Untuk Kesehatan
  3. Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan
  4. Manfaat Madu Untuk Kesehatan Kita
  5. Manfaat Wortel Untuk Kesehatan
  6. Manfaat Beras Merah Untuk Kesehatan

Cara Cepat Hamil

{ 14 comments… read them below or add one }

Leave a Comment